Senin 06 Sep 2021 04:50 WIB

5 Tempat Temukan Air di Tata Surya Selain di Bumi

Selain di Bumi, air bisa ditemukan di planet atau benda lain di Tata Surya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Air terpantau di lapisan kutub Planet Mars
Foto: www.esa.int
Air terpantau di lapisan kutub Planet Mars

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap makhluk hidup membutuhkan air karena air adalah sumber kehidupan. Selain di Bumi, air bisa ditemukan di planet atau benda lain di Tata Surya. Berikut adalah beberapa lokasi di Tata Surya yang memiliki air, seperti dilansir Big Think, Ahad (5/9):

1.Mars

Baca Juga

Meskipun gagasan Mars adalah rumah bagi kanal-kanal besar yang diisi dengan air yang cukup untuk menopang vegetasi yang subur telah dibantah sejak tahun 1920-an, Mars memang memiliki air sebanyak Danau Superior. Sebagian besar air membeku di lapisan es kutub dan sejumlah air lainnya dapat ditemukan di atmosfer.

Air cair hanya ada di danau kecil di bawah gletser di kutub. Diidentifikasi melalui radar, danau ini berada 1,5 kilometer di bawah lapisan es dan diperkirakan tetap cair oleh sifat anti-pembekuan dari beberapa mineral di tanah Mars.

2.Europa

Salah satu bulan Jupiter, Europa terkenal dengan permukaan es padatnya dan lautan yang membentang di bawah permukaannya. Kerak es di planet ini diperkirakan memiliki ketebalan mulai dari beberapa ribu meter hingga 30 kilometer.

Lautan di bawahnya diperkirakan sedalam 100 kilometer dengan beberapa di antaranya mungkin merupakan campuran cair di dekat bagian atas dan sebagian besar cair di bawahnya.

Jika benar, ini berarti Europa memiliki lebih banyak air daripada yang ada di semua lautan di Bumi hampir tiga kali lipat. Lautan luas ini yang tetap hangat oleh inti vulkanik Europa dan efek gaya pasang surut di bulan dari Jupiter, dianggap sebagai habitat yang memungkinkan bagi kehidupan di luar bumi. Ventilasi, mirip dengan ventilasi hidrotermal di Bumi dapat memberikan energi dan kondisi untuk kehidupan di lingkungan yang bahkan tidak pernah melihat matahari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement