Ahad 05 Sep 2021 05:31 WIB

Masih Dihantui Pandemi, Begini Jurus Memulai Usaha Online

Ini beberapa tips memulai bisnis online saat pandemi, sederhana kok...

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Masih Dihantui Pandemi, Begini Jurus Memulai Usaha Online (Foto: Sufri Yuliardi)
Masih Dihantui Pandemi, Begini Jurus Memulai Usaha Online (Foto: Sufri Yuliardi)

Salah satu jenis usaha yang akan selalu dicari orang pada era pandemi Covid-19 seperti saat ini adalah usaha online. Untuk dapat menjangkau pasar yang semakin luas, maka salah satu cara terbaik untuk memulai usaha adalah melalui online.

Nah, bagi yang ingin memulai usaha baru, yuk kita pelajari cara memulai bisnis toko online yang mudah dan murah. 

Baca Juga: Grant Thornton Jabarkan Tiga Tren Bisnis Telekomunikasi 2021

Seperti dirangkum dari Bisniz.id, Sabtu (4/9/2021), untuk memulai bisnis online, pemilik tidak perlu memiliki brand sendiri, melainkan menjadi reseller terlebih dahulu. Dengan begitu, pemilik bisa fokus pada penjualan dan pengembangan bisnis terlebih dahulu.

Baca Juga: Inspiratif! Lewat Entrepreneur Serial Raymond Chin, 5 Anak Muda Ini Berbagi Kisah Mengejar Mimpi

Cara Mudah Memulai Toko Online

Cara memulai bisnis toko online bisa dikatakan sangat mudah. Bahkan ibu rumah tangga, pelajar SMA dan mahasiswa bisa memulai bisnis ini dengan modal yang sangat kecil. Hanya dengan modal HP, koneksi internet dan niat, bisnis toko online bisa berjalan. Berikut beberapa cara mudah memulai bisnis pakaian online.

Menjadi Dropshipper

Bagi yang tidak memiliki modal besar namun ingin mencoba berbisnis, maka cara memulai bisnis online bisa dilakukan dengan menjadi dropshipper. Saat menjadi dropshipper, pemilik tidak perlu membeli atau memiliki stok di tokonya. 

Dengan kata lain, dropshipper adalah perantara antara toko lain dan pembeli. Beberapa produk yang bisa di jalankan dengan dropship diantaranya produk pakaian seperti kaos, seragam kerja, dan juga produk baju wanita. Sedangkan untuk produk elektronik seperti jam digital masjid. Baca Juga: Belanja Online Makin Aman dan Tenang, Ikuti Tips ini yuk!

Cara menjadi dropshipper sangat mudah

Pertama-tama carilah toko pakaian yang sedang mencari partner kerjasama sebagai dropshipper. Kemudian, minta atau ambil foto produk dan pajang di toko atau situs online yang Anda miliki. Usahakan untuk menjual pakaian dengan harga yang sama dengan penjual aslinya.

Selanjutnya, ketika pembeli ingin membeli, pemilik akun online hanya perlu menghubungi toko aslinya. Nantinya toko akan langsung mengirimkan produk ke pembeli tanpa melalui dropshipper. Jangan lupa informasikan kepada pemilik toko untuk menuliskan toko dropshippernya.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi dropshipper tidaklah besar. Namun cara ini sangat menguntungkan, karena pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan modal yang besar, namun tetap bisa mendapatkan keuntungan. Bagi siswa yang ingin mendapatkan uang tambahan, cobalah menjadi dropshipper.

Melakukan Penelitian

Pertama, tentukan target pasar yang diinginkan, mulai dari jenis kelamin hingga usia mereka. 

Jika Anda sudah menentukan target pasar, maka saatnya untuk meneliti usha yang sedang trend saat ini. Untuk proses ini, lakukan pencarian di internet atau dari media sosial dan e-commerce. Coba cari jenis dan usaha yang berbeda dan jangan yang pasaran agar orang lebih tertarik untuk membelinya. 

Buat Akun Media Sosial dan Situs Online

Cara memulai usaha online selanjutnya adalah dengan membuat akun atau situs online. Jika Anda baru dan tidak memiliki modal besar untuk membuat situs sendiri, maka buat saja akun media sosial. Pilih media sosial yang banyak digunakan seperti Instagram, Facebook atau Twitter. Jangan lupa juga buat akun di e-commerce untuk memperluas peluang.

Mulai Promosi

Lakukan promosi terlebih di akun media sosial yang telah dibuat. Informasikan jenis produk yang akan dijual dan promo yang akan diberikan di awal pembukaan. Jika Anda memiliki foto yang Anda beli, tampilkan gambar tersebut tanpa mencantumkan harganya. Dengan promosi seperti ini, pembeli bisa mendapatkan gambaran tentang jenis pakaian yang akan dijual.

Menentukan Harga Jual

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan harga jual. Pertama, tentukan margin yang diinginkan dan tambahkan ke biaya lain yang telah dikeluarkan. Untuk mengetahui apakah harga yang dipatok mahal atau tidak, lakukan perbandingan dengan penjual lain.

Jika Anda ingin bisnis toko online Anda laris manis, usahakan untuk tidak memberikan harga yang lebih tinggi dari pesaing. Jika harga jual memang lebih tinggi mahal, maka pastikan ada keistimewaan dari produk atau jasa yang diberikan untuk menarik para pembeli.

Saatnya Menjual Produk

Jangan ragu untuk terus melakukan promosi baik secara offline maupun online melalui semua media yang dimiliki. 

Tips Melariskan Usaha Online

Hal pertama yang harus dilakukan dan diperhitungkan dalam bisnis baru adalah promosi. Sebagai usaha atau toko yang baru, wajar jika belum banyak orang yang mengetahui nama toko serta jenis usaha. Oleh karena itu, pastikan untuk mengalokasikan biaya promosi di awal. 

Melakukan promosi secara online dan offline serta melakukan update mengenai jenis produk yang dimiliki. Setiap pembeli suka dengan promosi atau diskon.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement