Ahad 05 Sep 2021 04:13 WIB

Ajang Penghargaan untuk Insan TV Tanah Air Kembali Hadir

ITA 2021 dinilai menjadi bukti tangguhnya industri TV di masa pandemi.

Acara televisi (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Acara televisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajang penghargaan bagi para insan pertelevisian Indonesia yaitu Indonesian Television Awards (ITA) 2021, akan kembali hadir tahun ini. Di tahun keenam penyelenggaraannya secara berturut-turut tersebut, terdapat 14 kategori penghargaan yang terdiri dari sembilan kategori program televisi dan lima kategori individu, dimana dua kategori diantaranya adalah kategori baru yaitu ‘Kategori Program Spesial Terpopuler’ dan ‘Kategori Artis Televisi Terpopuler’. 

“ITA 2021 selain cerminan dari program favorit pilihan pemirsa televisi juga merefleksikan persepsi terhadap figur–figur di layar televisi Indonesia sepanjang tahun 2020-2021. Semoga ITA 2021 dapat menjadi pemacu bagi seluruh insan pertelevisian untuk terus menghasilkan kreativitas ataupun program terbaik di dunia pertelevisian Indonesia juga untuk para insan di depan layar menjadi motivasi untuk menjadi figur yang berkesan untuk pemirsa,” kata Dini Putri selaku Programming & Acquisition Director RCTI, Sabtu (4/9).

Keseluruhan nomine ITA 2021 yang masuk dalam 14 kategori, merupakan hasil survei dari tim Roy Morgan Research sebagai lembaga survei independen asal Australia yang telah berada di Indonesia sejak 2004. Survei yang dilakukan Roy Morgan Research melibatkan responden di 28 kota dari 17 propinsi Indonesia. 

Roy Morgan Research menjalani survei dengan mendatangi langsung para pemirsa televisi namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, untuk mengetahui program televisi apa yang menjadi populer di tengah masyarakat berdasarkan acara terfavorit yang secara spontan disebut oleh para pemirsa. Untuk Program–program yang masuk sebagai nomine ITA 2021 dibatasi secara periode penayangannya, yaitu program yang tayang dari 1 Agustus 2020 sampai dengan 31 Juli 2021.

 

“Dari hasil wawancara tersebut keluar data para nominasi Indonesian Television Awards 2021. Karena kondisi masih dalam masa pandemi, sehingga selama proses wawancara kita selalu menerapkan protokol kesehatan ketat yang dianjurkan pemerintah,” kata Ira Soekirman selaku Direktur Utama Roy Morgan Research.

Selebriti Tanah Air pun menanggapi positif ajang ini. Ruben Onsu misalnya, ia berterimakasih karena ajang ini menjaga kualitas acara di TV. “Bagi Aku ini adalah sebuah ajang bergengsi dan untuk kita yang bekerja setiap hari tanpa melihat waktu, ini menyenangkan akhirnya ada di pikiran masyarakat dan yang diingat masyarakat," kata dia.

Artis lainnya,  Raffi Ahmad bersyukur karena kerap terlibat di ITA. “Alhamdulillah, mulai dari pengisi acara, pembaca nominasi, nominator. ITA ini yang bikin kita semangat terus untuk menghibur masyarakat karena memang dunia entertaiment tidak boleh mati," kata dia.

Ajang penghargaan bergengsi akan ditayngkan dua televisi swasta, RCTi dan GTV pada Senin, 27 September 2021 pukul 17.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement