Ahad 05 Sep 2021 02:15 WIB

Mowilex Pastikan Keamanan Cat Lewat Pewarna Organik

Mowilex luncurkan program aman dengan izinkan penukaran cat yang berbahan timbal

Sejak meluncurkan cat berbahan dasar air pertama buatan Indonesia pada 1970, Mowilex telah melakukan inisiatif untuk menghentikan produksi cat yang mengandung timbal di atas 90 ppm pada produk Mowilex Cat Kayu&Besi pada 2019, dan menggantinya dengan bahan pewarna organik (ilustrasi)
Foto: istimewa
Sejak meluncurkan cat berbahan dasar air pertama buatan Indonesia pada 1970, Mowilex telah melakukan inisiatif untuk menghentikan produksi cat yang mengandung timbal di atas 90 ppm pada produk Mowilex Cat Kayu&Besi pada 2019, dan menggantinya dengan bahan pewarna organik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mowilex Indonesia (Mowilex) secara konsisten berinisiatif untuk memberikan solusi yang paling berkelanjutan bagi Indonesia dan konsumen setianya. Sejak meluncurkan cat berbahan dasar air pertama buatan Indonesia pada 1970, Mowilex telah melakukan inisiatif untuk menghentikan produksi cat yang mengandung timbal di atas 90 ppm pada produk Mowilex Cat Kayu&Besi pada 2019, dan menggantinya dengan bahan pewarna organik. 

Presiden Direktur Mowilex, Niko Safavi mengatakan, paparan timbal merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama, dan Mowilex telah menginvestasikan waktu dan sumber daya yang signifikan untuk mengatasi bahaya tersebut. “Meskipun pandemi Covid-19 memperlambat kemajuan secara global, kami tetap berkomitmen untuk melindungi keluarga di Indonesia dan bumi ini dengan memfasilitasi penukaran produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum tahun 2019,” kata Niko di Jakarta, Sabtu (4/9).

Timbal adalah logam beracun yang berbahaya bagi manusia yang terpapar dalam jumlah yang melebihi batas toleransi. Paparan tersebut dapat menyebabkan gangguan pada tubuh hingga saraf. Setelah berhenti memproduksi Mowilex Cat Kayu & Besi yang mengandung timbal pada 2019, kata Niko, hal itu menjadikan Mowilex berada satu tahun lebih awal dari target penghentian yang ditetapkan oleh Aliansi Global untuk menghilangkan cat bertimbal. Aliansi yang diorganisir oleh WHO dan 

Direktur dan Kepala Riset dan Pengembangan Produk Mowilex, Novina Tjahjadi, mengatakan, bahan alternatif pengganti timbal untuk cat pelapis kayu dan besi lebih mahal. Namun, karena mengikuti batas aman untuk pelanggan adalah prioritas Mowilex sehingga perseroan memilih untuk mengembangkan formula baru yang sesuai dengan ambang batas aman.

"Yqitu di bawah 90 ppm, tanpa mempengaruhi kinerja dan kualitas produk. Untuk itu langkah kami berikutnya adalah menukar sisa produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang diproduksi sebelum tahun 2019, di mana masih mengandung timbal di atas 90 ppm,” kata Novina.

Sasaran dari kampanye Mowilex Pasti Aman adalah para Mitra toko dan distributor. Mereka diajak untuk mengajukan penukaran produk Mowilex Cat Kayu & Besi yang di produksi sebelum 2019, mulai dari 1 September 2021 hingga 31 Desember 2021. Toko dan distributor yang memiliki produk Mowilex Cat Kayu & Besi formula lama di toko atau gudang mereka dapat menukarkan dengan mengunjungi situs https://mowilexpastiaman.mowilex.com/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement