Sabtu 04 Sep 2021 12:35 WIB

Anies Bawa Jakarta Jadi Tuan Rumah Urban20 pada 2022

Anies hadiri U20 Mayors Summit 2021 secara daring dengan tuan rumah Roma dan Milan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.
Foto: @uclg_org
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan terpilih sebagai Ketua Urban20 (U20) berikutnya. "Inilah waktunya untuk berefleksi, mengatur ulang, dan yang lebih penting, bertindak bersama. Masa depan kota ada di tangan semua orang," demikian akun Metropolis @metropolis_org memberi ucapan selamat.

Gubernur Anies pun membalas ucapan selamat tersebut. "Terima kasih. Tidak sabar untuk menyambut para pemimpin kota #U20 ke Jakarta tahun depan. Kami akan pulih bersama dan pulih lebih kuat," ucap Anies lewat akun Twitter, @aniesbaswedan dikutip Republika di Jakarta, Sabtu (4/9).

Di bawah Anies, Jakarta terpilih sebagai tuan rumah forum pertemuan U20 pada 2022. Tema dalam forum tersebut yaitu 'Recover Together, Recover Stronger'. Anies menghadiri forum U20 Mayors Summit 2021 yang dihelat secara daring, dengan tuan rumah Kota Roma dan Milan, Italia pada Jumat (3/9) malam WIB.

Saat sebelum pandemi, Anies menghadiri secara langsung U20 Mayors Summit yang diadakan di Buenos Aires, Argentina pada Oktober 2018. Forum Urban20 mempertemukan gubernur dan wali kota dari berbagai negara, yang banyak membahas tentang ekonomi dan lingkungan secara berkelanjutan.

U20 juga menjadi platform diskusi di antara para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20 tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan. Forum ini juga bertujuan meningkatkan peran kota sebagai ekonomi global dan pemimpin politik.

Wali Kota London Sadiq Khan pun menulis tentang pertemuan Urban20. "London membutuhkan pemulihan yang hijau dan adil dari Covid-19. Hari ini, saya menghadiri #Urban20 Summit—pertemuan tahunan para wali kota yang mempengaruhi G20 tentang perubahan iklim dan isu-isu penting lainnya—untuk membahas bagaimana kita dapat memastikan pemulihan yang adil dan hijau untuk kota-kota kita," ucapnya lewat akun @MayorofLondon.

"Anies Baswedan Gubernur Jakarta, sebagai Ketua #Urban20 berikutnya, memperkenalkan tantangan utama yang akan dihadapi U20 pada tahun 2022, dan bagaimana Jakarta akan berusaha untuk memperkuat suara konstituen menuju #G20," kata akun @uclg_org.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement