Survei: Belanja Daring Pilihan Sebagian Besar Masyarakat

Red: Fernan Rahadi

Harbolnas menjadi momen belanja daring yang ditunggu karena banjir diskon (Ilustrasi)
Harbolnas menjadi momen belanja daring yang ditunggu karena banjir diskon (Ilustrasi) | Foto: Needpix

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja daring telah menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat. Masing-masing pelanggan pun memiliki preferensi berbeda ketika berbelanja. 

Keberagaman preferensi daring ini disorot oleh survei Populix yang mengungkapkan bahwa 40 persen pelanggan pria lebih tertarik belanja e-commerce saat sedang ada promo. Sementara itu, pelanggan perempuan lebih termotivasi untuk belanja dengan adanya fasilitas bebas ongkir. 

Masih berdasarkan survei tersebut, kelompok masyarakat yang paling banyak berbelanja daring  adalah mereka dari kategori usia milenial dan GenZ. Survei ini melibatkan 6.285 responden di seluruh Indonesia.

"Usia 18-21 tahun dan 22-28 tahun memiliki angka tertinggi dalam aktivitas belanja daring  dengan masing-masing 35 persen dan 33 persen suara koresponden," demikian disebutkan dalam survei Populix dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Disebutkan pula, mayoritas konsumen yang berbelanja daring, yakni sebanyak 40 persen berasal dari Pulau Jawa (non Jabodetabek). Sementara 31 persen lainnya berasal dari Jabodetabek.

Survei juga menyebut sejumlah produk yang paling sering dibeli konsumen di e-commerce. Dikatakan, alat-alat make up dan kosmetika menjadi produk paling laris yang dibeli oleh konsumen. Angkanya mencapai 49 persen dari total responden.

Mengawali rangkaian festival Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) hingga akhir tahun nanti, e-commerce Blibli kembali hadirkan program diskon lewat #AyoBelanjaSeru untuk pelanggan.

Program #AyoBelanjaSeru ini dimulai dari 1-9 September 2021 dan menghadirkan berbagai brand juga promosi menarik sesuai dengan tren yang menjadi minat pelanggan.

 

"Program #AyoBelanjaSeru bertujuan untuk memenuhi segala preferensi tersebut, dengan kurasi produk yang beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Belanja seru pun dapat dinikmati mulai hari ini, tanpa harus menunggu momen puncak Harbolnas di akhir tahun nanti," kata Project Lead Blibli #AyoBelanjaSeru, Deva Handayani, Jumat.

 

Untuk itu, #AyoBelanjaSeruBlibli kali ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan, karena berbagai penawaran dan promonya dirancang untuk memberikan pengalaman belanja yang seru.

Deva menambahkan, rangkaian dari program #AyoBelanjaSeru ini tidak hanya sebuah opening menuju Harbolnas yang sudah dinantikan oleh pelanggan. "Namun juga momentum untuk mengajak pelanggan meramaikan dan menikmati keseruan belanja online mewujudkan wishlist mereka bersama Blibli," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Konsumen Diminta Teliti Sebelum Belanja Daring

Andalkan Penjualan Daring, UMKM Ini Terus Bertumbuh

Ajak Masyarakat Cintai Buah Nusantara, GBN Digelar 

'Penanganan Pandemi Butuh Kolaborasi Berbagai Pihak'

6 Tips Beli Hewan Qurban Online, Praktis dan Aman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark