Sabtu 04 Sep 2021 00:25 WIB

Pengguna Asuransi Kendaraan Bisa Pakai Layanan Telematika

Layanan ini bisa diakses lewat web dan aplikasi MZone Scope.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi asuransi.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi asuransi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan dengan transportasi darat adalah suatu hal yang sangat dinamis. Mengingat, beragam resiko selalu mengintai tiap pengendara. Hal ini pun mendorong munculnya industri asuransi kendaraan yang menawarkan beragam kemudahan saat terjadi hal yang tak diinginkan dalam perjalanan.

Salah satu perusahaan asuransi yang baru saja meluncurkan sebuah layanan terbaru adalah PT Asuransi MSIG Indonesia (MSIG Indonesia). Presiden Direktur MSIG Indonesia, Tsutomu Aoki mengatakan, layanan terbaru itu disebut dengan MSIG FlexPro U-Drive yang menyasar kendaraan perusahaan atau perusahaan transportasi darat.

Baca Juga

"MSIG FlexPro U-Drive adalah produk layanan telematika dengan teknologi canggih dan lengkap tapi hadir dengan harga yang kompetitif," kata Tsutomu Aoki dalam virtual launching MSIG FlexPro U-Drive beberapa waktu lalu.

Lewat layanan ini, MSIG Indonesia ingin berperan dalam pengembangan industri transportasi yang lebih optimal, efisien dan aman. Meski sejumlah kendaraan dan perusahaan telah menerapkan sistem telematika, tapi MSIG tetap yakin bahwa produk ini merupakan produk yang menarik karena dikembangkan bersama Scope Technology sehingga layanan ini mampu menyajikan layanan yang lebih komprehensif.

Layanan ini bisa diakses lewat web dan aplikasi MZone Scope. Lewat platform digital itu, maka pengguna bisa menggunakan layanan tersebut untuk melakukan tata kelola perjalanan (penentuan rute dan tujuan), analisa perjalanan, informasi perawatan kendaraan dan analisa resiko serta penilaian perilaku pengemudi hingga pengendalian bahan bakar kendaraan.

Dalam fitur informasi perawatan kendaraan, pengguna akan dibantu untuk melakukan penjadwalan perawatan sesuai dengan kondisi kendaraan. Untuk fitur keamanan, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas GPS untuk mengetahui lokasi kendaraan. Bahkan, layanan ini juga menawarkan fitur Geo-fencing Management yang berguna untuk membatasi pergerakan kendaraan sesuai dengan wilayah yang telah ditentukan.

Nah, untuk menekan budaya mengemudi ugal-ugalan, layanan ini juga dilengkapi dengan fitur Rules Engine yang bisa membatasi kecepatan maksimal kendaraan. Dengan begitu, kendaraan bisa selalu dikemudikan dengan lebih efisien dan aman.

"Saat terjadi kecelakaan, MSIG FlexPro U-Drive juga menawarkan fitur rekonstruksi klaim 3D yang berguna untuk laporan rekonstruksi kecelakaan dan melakukan analisa kecelakaan," ujarnya.

Dengan begitu, rekonstruksi dapat dilakukan secara lebih akurat dan kecelakaan serupa bisa dicegah berkat adanya analisa soal penyebab kecelakaan.

Seluruh informasi yang disajikan pun bisa dikemas menjadi business insight bagi perusahaan sehingga setiap keputusan terkait tata kelola kendaraan bisa ditetapkan berdasar data yang akurat.

Untuk dapat menikmati layanan telematika, nasabah perlu membayar biaya tambahan sesuai dengan periode layanan yang dipilih. Untuk periode satu tahun, biaya tambahan yang dikenakan adalah 13,15 dolar AS per bulan untuk tiap unit kendaraan. Sedangkan untuk periode lima tahun, biayanya hanya 7,69 dolar AS per bulan untuk tiap unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement