Jumat 03 Sep 2021 12:59 WIB

15 Universitas Arab Saudi Masuk Daftar Terbaik di Dunia

11 universitas di Saudi tunjukkan kemajuan dibandingkan dengan tahun lalu

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Arsitektur Masjid Universitas Tabuk di Arab Saudi merupakan perpaduan antara seni peradaban Islam dan estetika arsitektur modern. Desain masjid tersebut berupa kubah besar tanpa tiang.
Foto: Saudi Press Agency
Arsitektur Masjid Universitas Tabuk di Arab Saudi merupakan perpaduan antara seni peradaban Islam dan estetika arsitektur modern. Desain masjid tersebut berupa kubah besar tanpa tiang.

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Berdasarkan data Times Higher Education (THE) World University Rankings 2022, 15 universitas di Arab Saudi telah berkembang lebih dari 50 persen dengan peringkat 2021 ketika sepuluh universitas masuk dalam daftar.

Hasil pemeringkatan menunjukkan kemajuan 11 universitas di Saudi dibandingkan dengan peringkat mereka tahun lalu. King Abdulaziz University berada di peringkat 190 sementara King Saud University dan King Fahd University of Petroleum and Minerals berada di peringkat 351.

Untuk pertama kalinya, University of Hail masuk di antara 400 universitas terbaik dan Univeristy of Tabuk di antara 500 universitas terbaik. Indikator pemeringkatan menunjukkan Arab Saudi dengan sistem penelitian dan inovasi modern dianggap sebagai yang pertama di tingkat global dalam hal peningkatan kutipan hasil penelitian dengan 35 persen.

Ini tercermin secara positif pada peringkat universitas di Saudi dan berkontribusi pada peningkatan besar dalam peringkat mereka. Peningkatan publikasi penelitian universitas-universitas Saudi dan pengembangan kualitas selama beberapa tahun terakhir dianggap sebagai salah satu faktor terpenting yang menyebabkan prestasi ini tercapai.

 

Dikutip Saudi Gazette, Jumat (3/9), Times Rankings adalah salah satu peringkat internasional teratas di mana enam universitas Saudi muncul di Peringkat Shanghai, termasuk Universitas King Abdulaziz dan Universitas King Saud yang termasuk di antara 150 universitas terbaik di dunia.

Pada awal kuartal kedua tahun ini, SCImago Institutions Rankings mengumumkan peringkatnya untuk universitas internasional dan mendaftarkan sebagian besar universitas Saudi, termasuk tiga universitas yang termasuk dalam 200 besar. Yakni, Universitas Sains dan Teknologi King Abdullah, Universitas King Abdulaziz, dan Universitas Raja Saud.

Peringkat Universitas Dunia QS yang diumumkan pada 23 Maret 2021, mendaftarkan 14 universitas Saudi, termasuk dua di antara 200 universitas teratas, yaitu Universitas King Abdulaziz dan Universitas Perminyakan dan Mineral King Fahd.

Hasil ini merupakan hasil dari dukungan tak terbatas yang diberikan oleh kepemimpinan yang bijaksana dan upaya besar kementerian pendidikan untuk meningkatkan dan memberdayakan struktur pendidikan universitas, efisiensi program dan proyek yang telah dilaksanakan, serta perhatian yang erat melalui penyelarasan dengan tujuan Visi Saudi 2030.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement