Jumat 03 Sep 2021 11:47 WIB

Mahasiswa University of Maryland Akhirnya Punya Ruang Sholat

Mahasiswa Muslim berinisiatif untuk mengumpulkan donasi untuk mendirikan ruang sholat

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Ruang sholat di University of Maryland
Foto: About Islam
Ruang sholat di University of Maryland

IHRAM.CO.ID, MARYLAND -- Setelah 20 tahun lamanya beribadah di ruang ganti wanita yang kecil, mahasiswa Muslim di University of Maryland akhirnya meresmikan ruang sholat baru di tengah kampus. Menurut ulama Muslim universitas Imam Tarif Shraim, impian untuk sebuah ruang sholat baru itu bermula pada 2017.

Mahasiswa Muslim berinisiatif untuk mengumpulkan donasi untuk mendirikan sebuah ruang sholat di dalam kampus. Seperti dilaporkan The Diamondback, rencana tersebut disponsori oleh Himpunan Mahasiswa Muslim yang berhasil mengumpulkan 200 ribu dolar. Stamp Student Union juga menyumbang sekitar 20 ribu dolar.

"Pada dasarnya berada di sebuah ruang, dalam iklim universitas di mana Anda dapat mengakses ruang yang mendukung identitas agama Anda, yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan siswa lain yang memiliki keyakinan yang sama, pentingnya hal itu tidak pernah dapat diremehkan," kata Shraim, dilansir di laman About Islam, Jumat (3/9).

Asisten untuk Kantor Provost di Universitas ini, Tom McMullen, mengatakan dalam 20 tahun terakhir, komunitas Muslim beribadah di dua lokasi lain sehingga ini menurutnya adalah 'rumah terakhir' bagi mereka.

Beberapa siswa berbagi kegembiraan di lokasi ibadah yang terletak di ruang tengah kampus tersebut, yang memudahkan mereka untuk beribadah di antara kelas-kelas. Namun, mereka masih memiliki perasaan khusus untuk tempat yang lama yang menjadi tempat ibadah mereka selama bertahun-tahun.

"Semua yang saya miliki, saya berutang pada ruang ini. Tidak ada kampus lain yang pernah saya ikuti yang duduk dengan siswa mereka berkata, 'Ini tidak cukup bagi kami', dan kemudian benar-benar melakukan sesuatu tentang hal itu," kata pembicara tamu dan alumni angkatan 2018 Haris Ansari.

Dengan ruang yang telah direnovasi sepenuhnya, anggota komunitas Muslim berharap dapat terhubung secara spiritual satu sama lain. Ansari lantas meminta semua mahasiswa muda di sana agar tidak meninggalkan ruang ibadah tersebut.

"Anda akan menemukan teman di sini yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain. Setiap kali Anda menghabiskan waktu di sini untuk belajar, berdo'a, mengaji, berbicara, tertawa bersama teman-teman Anda, itu tidak akan sia-sia," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement