Jumat 03 Sep 2021 05:36 WIB

Swedia Setop Rekor Apik Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia

Swedia bekuk Spanyol 2-1 pada laga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Selebrasi pemain Swedia Viktor Claesson seusai menjebol gawang Spanyol pada laga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.
Foto: EPA-EFE/Nils Petter Nilsson
Selebrasi pemain Swedia Viktor Claesson seusai menjebol gawang Spanyol pada laga Grup B kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Swedia bangkit dari ketinggalan satu gol untuk memberi Spanyol kekalahan pertama di kualifikasi Piala Dunia dalam 28 tahun dengan kemenangan mengejutkan 2-1 pada Jumat dini hari WIB. Spanyol terakhir kali tumbang pada 1993 dalam laga kualifikasi Piala Dunia.

Gol Alexander Isak dan Viktor Claesson di Friends Arena di Stockholm membawa Swedia ke puncak Grup B dengan nilai sembilan dari tiga laga. Spanyol menempati posisi kedua dengan nilai tujuh dari empat pertandingan.

Baca Juga

“Sayang sekali, kami mengejar kemenangan, dan mungkin dalam periode terbaik permainan kami, tapi mereka mencetak gol kedua mereka,” kata kapten Spanyol Sergio Busquets, dikutip Reuters.

“Grup ini jauh lebih rumit sekarang dan kami tidak memiliki banyak hal di tangan kami sendiri. Kami berjalan dengan baik, tetapi mungkin kurang beruntung, tetapi kami harus melanjutkan. Masih ada sejumlah pertandingan yang harus dilalui, bahkan jika saat ini skenarionya bukan yang terbaik," kata Busquets.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika debutan Spanyol Carlos Soler membuat tim tamu unggul dengan tendangan setengah voli yang cerdas dari umpan silang Jordi Alba. Namun keunggulan itu tidak bertahan lama. Semenit kemudian Isak, yang bermain di Spanyol untuk Real Sociedad, memanfaatkan kesalahan Busquets di tepi kotak untuk menyamakan kedudukan.

Kedua belah pihak saling menguji penjaga gawang lawan saat laga berlanjut. Claesson kemudian menuntaskan aksi Kulusevski untuk mencetak gol kemenangan pada menit ke-57.

Ferran Torres dan Adama Traore hampir menyamakan kedudukan, tapi dihentikan Robin Olsen. Sebaliknya, Robin Quaison seharusnya memastikan kemenangan bagi tuan rumah pada menit ketiga injury time. Namun bola yang diangkat melewati kiper Unai Simon tak menemui sasaran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement