Kamis 02 Sep 2021 19:54 WIB

Cristiano Ronaldo Naikkan Peluang MU Raih Juara Musim Ini

Peluang MU juara Liga Primer Inggris naik dari 7 menjadi 12 persen dengan Ronaldo.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo berkostum Manchester United pada masa lalu.
Foto: AP/Jasper Juinen, File
Cristiano Ronaldo berkostum Manchester United pada masa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Rekrutan anyar Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo. disebut menaikkan persentase klubnya meraih juara musim ini. Analisis dari Twenty First Group yang dikutip Daily Mail, Kamis (2/9), menyebutkan ada dampak cukup signifikan setelah Ronaldo memutuskan pulang ke Old Trafford setelah 12 tahun berpetualang di Real Madrid dan Juventus. 

Pemilik lima gelar Ballon d'Or itu menaikkan kesempatan MU menjuarai Liga Primer Inggris sebesar 12 persen dari sebelumnya hanya 7 persen. Selain itu, pemain berusia 36 tahun tersebut juga membuat kans juara Setan Merah di Liga Champions naik tipis. 

Baca Juga

"Analisis kami mengestimasi kedatangan Ronaldo ke Manchester United meningkatkan kesempatan mereka juara Liga Primer Inggris sebesar 12 persen. Kepulangannya juga meningkatkan kesempatan menjuarai Liga Champions, dari 5 persen menjadi 8 persen," kata Omar Chaudhuri, Chief Intelligence Twenty First Group.  

Meski terlihat kecil, kata Omar, hal tersebut tetaplah sebuah peningkatan nyata karena hanya disebabkan oleh satu orang pemain. Menurutnya, MU juga memiliki kesempatan lebih besar dari 12 persen menjadi 19 persen untuk merebut setidaknya satu trofi besar pada musim ini. 

"Penelitian kami mempelajari kualitas pemain di dalam skuad dan melakukan simulasi apa yang akan terjadi jika si pemain itu diganti oleh orang lain. Analisis ini dapat membantu klub mengetahui risiko mereka dalam bursa transfer," katanya. 

Saat ini, kesempatan MU meraih juara dinilai berada di angka yang sama dengan Liverpool. Namun, keduanya masih bertengger di bawah Chelsea yang berhasil menjuarai Liga Champions musim lalu. 

Twenty First Group juga menganalisis peran Lionel Messi yang baru pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Menurut Omar, dampak Messi tidak akan sebesar Ronaldo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement