Kamis 02 Sep 2021 18:10 WIB

Ronaldo Gagal Selesaikan Penalti, Pendukung MU Cemas

Pendukung MU suarakan Fernandes tetap menjadi eksekutor utama penalti MU.

Rep: Fitriyanto/ Red: Joko Sadewo
 Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol  pada pertandingan sepak bola kualifikasi grup A Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Irlandia yang diadakan di stadion Algarve di Faro, Portugal,  Kamis (2/9) WIB.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO COTRIM
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada pertandingan sepak bola kualifikasi grup A Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Irlandia yang diadakan di stadion Algarve di Faro, Portugal, Kamis (2/9) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegagalan Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan penalti membela Portugal melawan Irlandia, membuat pendukung Manchester United (MU) cemas. Mereka pun menyuarakan agar Bruno Fernandes tetap menjadi eksekutor utama penalt MU.

Meski gagal mengeksekusi penalti awal, Cristiano Ronaldo masih berhasil memecahkan rekor gol internasional sepanjang masa, setelah mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 Portugal atas Republik Irlandia.

 

Penyerang baru Manchester United itu mencetak gol pada menit ke-89 untuk menyamakan kedudukan setelah Portugal tertinggal melalui sundulan John Egan di babak pertama. Ronaldo akhirnya mencetak gol penentu kemenangan di waktu tambahan untuk menambah 111 gol bagi negaranya. Gol pertamanya membuatnya mengungguli Ali Daei, yang mencetak 109 gol untuk Iran.

 

Meski begitu, itu bukan penampilan yang sempurna dari Ronaldo. Pada awal pertandingan itu Ronaldo penalti Ronaldo gagal. Tendangannya ke sisi kanan gawang bisa ditepis kiper Manchester City Gavin Bazunu.

 

Ini adalah tendangan penalti pertama yang gagal dilakukan pemain berusia 36 tahun itu untuk negaranya sejak Piala Dunia 2018 ketika ia gagal melakukan konversi melawan Iran, setelah mencetak tujuh gol terakhirnya dari jarak 12 yard.

 

Kembalinya Ronaldo ke Setan Merah menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang akan menjadi pengambil penalti permanen mereka. Sebab selama ini Bruno Fernandes mengambil tanggung jawab itu.

 

Sejak melakukan debutnya pada Februari 2020, sang gelandang telah mencetak 21 dari 22 penalti untuk United. Fernandes hanya gagal mencetak satu gol dalam kemenangan 4-1 melawan Newcastle United musim lalu.

 

Rekor Ronaldo tidak mengesankan seperti rekan senegaranya. Tingkat konversinya 81 persen selama karirnya dibandingkan dengan 93 persen Fernandes.

 

Setelah Ronaldo gagal mengeksekusi pinalti, fans United menyuarakan pendapat mereka di media sosial dan sebagian besar ingin Fernandes terus mengambil penalti.

 

Inilah yang dikatakan beberapa orang, @LM10_SZN: Bruno harus mengambil penalti untuk United dan Portugal. Sementara @pabz_general menulis: Bruno harus mengambil penalti United.

 

Adalagi @Applegreen_Manu: Statistik penalti Bruno musim lalu lebih baik dari statistik CR7.  Bahkan sekarang Ronaldo hanya melewatkan satu. Dia seharusnya memberikannya pada Bruno.

 

Sedangkan @HonestChino menulis Bruno adalah penendang penalti yang lebih baik daripada Ronaldo. Saya ingin Bruno tetap bertahan di United. @JackParker2790: Ronaldo gagal mengeksekusi penalti??  Bruno masih harus menjadi nomor satu untuk United? @aasimaaah: Bruno berdoa agar Ronaldo gagal mengeksekusi penalti itu. @Killianovic: Dia harus meninggalkan tugas penalti untuk Bruno.

 

Fernandes telah menumbuhkan reputasi sebagai penembak jitu dari titik penalti, tetapi kedatangan Ronaldo dapat menempatkan tugasnya di bawah ancaman meskipun yang terakhir gagal untuk Portugal. Pemenang Balon D'or lima kali itu akan kembali ke United dan bekerja sama dengan Fernandes ketika mereka menghadapi Newcastle di Old Trafford pada Sabtu, 11 September.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement