Kamis 02 Sep 2021 15:42 WIB

Unta yang Lepas dan Canda Bijak Baginda Rasulullah SAW

Rasulullah SAW ada sosok dikenal pula sosok yang humoris

Rasulullah SAW ada sosok dikenal pula sosok yang humoris. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah SAW ada sosok dikenal pula sosok yang humoris. Ilustrasi Rasulullah

Oleh : Ustadz Yendri Junaidi Lc MA, dosen STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang, alumni Al-Azhar Mesir

REPUBLIKA.CO.ID, — Membaca sirah dan hadits-hadits Nabi Muhammad SAW terkadang memunculkan kesan bahwa kehidupan beliau dan para sahabatnya penuh dengan hal-hal yang serius.

Bisa dikata hampir tak ada ruang untuk bercanda. Padahal sesungguhnya tidak sedikit episode-episode yang dapat mengundang tawa dalam keseharian tokoh-tokoh besar itu. Ini membuktikan bahwa mereka juga manusia biasa yang bisa untuk ditiru.  

Baca Juga

Namun demikian, canda dalam kehidupan mereka bukan sesuatu yang sengaja dibuat. Semua alami dan spontanitas. Karena itu, dia tetap bermakna, berhikmah, dan berkelas.  Seorang sahabat Nabi bernama Khawwat bin Jubair bercerita : 

Dalam sebuah perjalanan bersama Rasulullah, kami berhenti sejenak di sebuah daerah bernama Marr Zhahran.  

“Aku keluar dari kemah. Tiba-tiba aku melihat beberapa wanita sedang asyik berbincang-bincang. Aku pun tertarik untuk ‘nimbrung’. Lalu aku kenakan jubah, kemudian duduk di dekat mereka.  

Tiba-tiba Rasulullah keluar dari kemahnya. Beliau melihatku dan berkata, “Hai Abu Abdillah, apa yang membuatmu duduk di dekat para wanita itu?” Aku merasa malu dan segan. Untuk menutupi malu, aku pun berkata, “Ada untaku yang lepas, ya Rasul… Aku sedang mencari tali untuk mengikatnya.” 

Rasulullah hanya tersenyum. Beliau pun berlalu. Aku segera mengikutinya.  

Suatu saat beliau menitipkan sorbannya padaku karena beliau akan buang hajat dan berwudhuk. Selesai berwudhuk, sambil mengenakan sorbannya, beliau bertanya padaku, “Wahai Abu Abdillah, bagaimana kabarnya untamu yang lepas itu?”  Aku hanya terdiam malu. 

Kami pun kembali melanjutkan perjalanan. Setiap kali beriringan, Rasul selalu berkata padaku, "Assalamualaikum Abu Abdillah, bagaimana kabarnya untamu yang lepas itu?” 

Aku berusaha mempercepat kudaku agar sampai lebih awal di Madinah. Beberapa hari aku sengaja tidak datang ke masjid. Aku juga berusaha untuk menghindari pertemuan dengan Rasul. Tapi karena sudah cukup lama, akhirnya aku pergi juga ke masjid. Namun aku sengaja datang saat masjid sudah kosong. Lalu aku sholat.  

Tiba-tiba Rasulullah keluar dari kamarnya. Beliau sholat dua rakaat. Setelah itu beliau duduk. Aku sengaja melama-lamakan sholat dengan harapan beliau pergi dan meninggalkanku. Tiba-tiba beliau bersabda, “Panjangkan saja semaumu wahai Abu Abdillah, aku tidak akan beranjak sampai engkau selesai.”  

Aku berkata dalam hati, “Demi Allah, aku akan minta maaf pada Rasul dan berterus-terang atas apa yang sebenarnya terjadi.” Aku pun mengakhiri sholatku.  

Baru saja aku selesai salam, Rasul berkata, “Assalamualaikum Abu Abdillah, bagaimana kabarnya untamu yang lepas itu?”

Akhirnya aku berkata dengan jujur, “Demi Zat yang telah mengutusmu wahai Rasulullah, sebenarnya tidak ada untaku yang lepas…”  

Mendengar pengakuan jujurku itu beliau tersenyum dan berkata, “Semoga Allah menyayangimu… semoga Allah menyayangimu… semoga Allah menyayangimu…” 

Sejak saat itu beliau tidak lagi bertanya padaku tentang unta yang lepas. 

صلى الله عليك يا سيدي يا رسول الله يا معلم الناس الخير ورضي الله عن صحابتك الأخيار

Kisah ini dinukilkan Imam Ibnu Al Jauzi dalam bukunya yang berjudul Akhbar azh-Zhiraf, sebuah kitab yang berisi riwayat dan kisah-kisah jenaka penuh hikmah, buku yang sangat baik dibaca sebagai refreshing setelah membaca kitab-kitab yang ‘berat’.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement