Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Akhirnya Haaland Cetak Gol untuk Norwegia

Kamis 02 Sep 2021 06:06 WIB

Red: Joko Sadewo

Erling Haaland (foto ilustrasi)

Erling Haaland (foto ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Haaland relatif tumpul saat membela negaranya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Haaland akhirnya mencetak gol di kualifikasi Piala Dunia 2022, saat membantu tim nasional Norwegia mengimbangi Belanda 1-1, dalam laga putaran keempat Grup G zona Eropa di Stadion Ulievaal, Oslo, Kamis (2/9) dini hari WIB.

Kendati jadi mesin gol di tingkat klub bersama Borussia Dortmund, Haaland relatif tumpul saat membela negaranya. Pada akhirnya Haaland mematahkannya saat membawa Norwegia memimpin atas Belanda pada menit ke-20.

Gol berawal saat Memphis Depay melakukan blunder. Bola yang dikuasainya direbut oleh Stefan Strandberg dan dikirimkan ke Haaland yang lolos dari jebakan offside, sebelum memperdaya kiper Justin Bijlow.

Namun keunggulan Norwegia raib pada menit ke-36 karena gol Davy Klaassen. Georginio Wijnaldum mengirim umpan tarik yang gagal dijangkau Depay, beruntung Klaassen turut menerobos ke dalam kotak penalti untuk menjebol gawang tuan rumah.

Haaland sebetulnya punya peluang emas untuk merestorasi keunggulan Norwegia pada menit ke-64 setelah menerima umpan Martin Odegaard. Ia sudah  berhadapan satu lawan satu dengan Bijlow, tapi tembakannya malah membentur tiang gawang.

Sebaliknya, Belanda nyaris meraih kemenangan dramatis pada injury time tetapi kiper Andre Hansen mampu melakukan penyelamatan gemilang untuk mencegah bola sontekan Denzel Dumfries melewati garis gawang, memaksa skor 1-1 bertahan hingga peluit bubaran.

Hasil itu membuat posisi kedua tim di klasemen Grup G tak berubah. Sama-sama mengoleksi tujuh poin. Belanda duduk di posisi kedua berbekal keunggulan selisih gol surplus tujuh, sedangkan Norwegia di peringkat keempat dengan surplus satu, demikian laman resmi UEFA.

Dalam pertandingan-pertandingan lain di Grup G, Turki diimbangi Montenegro 2-2. Sementara Latvia memetik kemenangan pertamanya dengan menundukkan Gibraltar 3-1.

Di Vodafone Park, Istanbul, tuan rumah Turki sebetulnya memimpin dua gol lebih dulu berkat sepakan jarak jauh Cengiz Under dan sontekan Yusuf Yazici, yang sempat dibalas Adam Marusic jelang turun minum. Kemenangan yang sudah di hadapan mata Turki raib pada menit kedelapan injury time. Tendangan bebas Risto Radunovic berbuah gol, dan memaksakan skor imbang 2-2.

Di Stadion Daugavas, Vladislavs Gtukovskis mengemas dwigol saat tuan rumah Latvia menundukkan Gibraltar 3-1 untuk raihan tiga poin perdana. Rangkaian pertandingan selanjutnya di Grup G akan berlangsung pada Selasa (7/9) yakni Montenegro vs Latvia, Belanda vs Turki dan Norwegia vs Gibraltar.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA