Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

Alquran Ingatkan Bahayanya Minta Bantuan Jin

Kamis 02 Sep 2021 05:37 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Alquran Ingatkan Bahayanya Minta Bantuan Jin

Alquran Ingatkan Bahayanya Minta Bantuan Jin

Foto: Pixabay
Alquran sudah memperingatkan agar hanya meminta pertolongan kepada Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak dahulu kala hingga sekarang, ada manusia yang bersekutu dengan jin atau meminta pertolongan jin. Padahal Alquran sudah memperingatkan agar hanya meminta pertolongan kepada Allah SWT. 

Alquran juga mengingatkan bahayanya meminta pertolongan jin. Dalam Surat Al-Jinn dijelaskan manusia yang meminta pertolongan jin justru dibuat tersesat oleh jin.

Baca Juga

وَّاَنَّهٗ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْاِنْسِ يَعُوْذُوْنَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوْهُمْ رَهَقًاۖ 

"Dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat." (QS Al-Jinn: 6)

Mengutip Tafsir Kementerian Agama, maksud ayat tersebut adalah, "Jin mengatakan, sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia di antaranya adalah tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam masyarakatnya yang meminta perlindungan kepada beberapa tokoh laki-laki dari jin, tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) bertambah sesat."

Ada di antara orang-orang Arab apabila mereka melintasi tempat yang sunyi, mereka minta perlindungan kepada jin yang mereka anggap berkuasa di tempat itu. Jin itu juga mengatakan bahwa banyak di antara manusia yang berlindung dan memohon kepada jin. Hal itu mengakibatkan manusia dikuasai oleh jin, dan dibawa untuk berbuat kejahatan sehingga mereka durhaka dan berdosa. 

Dalam Surat Al-An'am ayat 128, disebutkan jin telah banyak menyesatkan manusia.

وَيَوْمَ يَحْشُرُهُمْ جَمِيْعًاۚ يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِّنَ الْاِنْسِ ۚوَقَالَ اَوْلِيَاۤؤُهُمْ مِّنَ الْاِنْسِ رَبَّنَا اسْتَمْتَعَ بَعْضُنَا بِبَعْضٍ وَّبَلَغْنَآ اَجَلَنَا الَّذِيْٓ اَجَّلْتَ لَنَا ۗقَالَ النَّارُ مَثْوٰىكُمْ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اِلَّا مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۗاِنَّ رَبَّكَ حَكِيْمٌ عَلِيْمٌ 

Dan (ingatlah) pada hari ketika Dia mengumpulkan mereka semua (dan Allah berfirman), “Wahai golongan jin ! Kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Dan kawan-kawan mereka dari golongan manusia berkata, “Ya Tuhan, kami telah saling mendapatkan kesenangan dan sekarang waktu yang telah Engkau tentukan buat kami telah datang.” Allah berfirman, “Nerakalah tempat kamu selama-lamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.” Sungguh, Tuhanmu Mahabijaksana, Maha Mengetahui. (QS Al-An'am: 128)

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA