Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Kembali ke MU, Ronaldo Jelaskan Pengaruh Sir Alex Ferguson

Rabu 01 Sep 2021 20:50 WIB

Red: Endro Yuwanto

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Sir Alex Ferguson.

Cristiano Ronaldo (kiri) dan Sir Alex Ferguson.

Foto: REUTERS/Stefan Wermuth
Cristiano Ronaldo menganggap Sir Alex sebagai sosok ayahnya di sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo memberikan penjelasan terkait Sir Alex Ferguson yang membuatnya kembali ke Manchester United (MU) setelah 12 tahun lamanya. Dikutip dari situs resmi klub, Ronaldo mengatakan jika Sir Alex adalah kunci utama dalam kepindahannya kembali ke Man United.

"Saya sangat menyukai dia (Sir Alex), dan dia adalah kunci utama untuk saya bisa berada di posisi saya sekarang, yaitu datang untuk Manchester United," ujar Ronaldo, Rabu (1/9).

Baca Juga

Pemain asal Portugal itu juga menganggap Sir Alex sebagai sosok ayahnya di sepak bola. Ronaldo pun mengungkapkan bahwa mantan pelatih MU asal Skotlandia itu sudah mengajarinya banyak hal.

Menurut Ronaldo, Sir Alex punya peran besar untuk dirinya karena hubungan yang mereka miliki, dan mereka kerap berkomunikasi satu sama selain setiap waktu.

"Semua orang tahu, sejak saya datang ke Manchester (United) pada usia 18 tahun, Sir Alex Ferguson adalah kunci. Saya ingat ketika kami bermain melawan Man United, ketika saya berada di Sporting Lisbon. Bagi saya, Sir Alex Ferguson seperti ayah di sepak bola," jelas Ronaldo. "Dia sangat banyak membantu saya, dia mengajari saya banyak hal, dan dalam opini saya tentu saja dia mempunyai peran besar karena hubungan yang kami miliki. Kami selalu berkomunikasi, dan dia adalah orang yang luar biasa."

Pemain usia 36 tahun ini pun mengaku senang bisa kembali menjadi pemain Man United, dan tidak sabar untuk memainkan pertandingan pertamanya setelah kembali ke Old Trafford.

"Ya, seperti yang Anda ketahui, saya memiliki sejarah fantastis dengan klub yang luar biasa ini. Saya berada di sini pada usia 18 tahun dan tentu saja saya senang bisa kembali pulang setelah 12 tahun. Jadi, saya sangat senang dan tidak sabar untuk pertandingan pertama saya," jelas Ronaldo.

Cristiano Ronaldo berhasil menyumbangkan tiga gelar Liga Primer Inggris, dua gelar Piala Liga, satu gelar Piala FA, dan satu gelar Liga Champions kepada Man United pada periode 2003 hingga 2009. Selain itu, Ronaldo juga sukses menorehkan 118 gol dan 69 assist dari 292 penampilannya untuk Iblis Merah di segala ajang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA