Rabu 01 Sep 2021 20:11 WIB

Pengembangan Geopark Bisa Dorong Pertumbuhan Perekonomian

Warga sekitar geopark bisa memanfaatkan sektor wisata, perikanan, olahraga alam.

Pengunjung menikmati keindahan air terjun di kawasan wisata alam Geopark Curug Cimarinjung, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (16/12/2018).
Foto: Antara/Nurul Ramadhan
Pengunjung menikmati keindahan air terjun di kawasan wisata alam Geopark Curug Cimarinjung, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (16/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan program yang telah diluncurkan PT Jamkrindo melalui berbagai kegiatan pemberdayaan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar harus menjadi motiviasi dalam upaya pengembangan geopark.

"Semua pihak harus bisa mencontoh dan termotivasi dengan program yang telah diluncurkan PT Jamkrindo untuk warga yang tinggal di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Sebab, program ini sangat membantu Pemkab Sukabumi khususnya warga," kata Iyos.

Apa yang telah dilakukan perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini tentunya sejalan dengan program yang diluncurkan Pemkab Sukabumi dalam upaya pengembangan geopark melalui pemberdayaan masyarakat.

Objek wisata berkelas internasional yang merupakan andalan yang menjadi kebanggaan Indonesia khususnya Kabupaten Sukabumi memiliki berbagai potensi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan geopark, mulai dari sektor wisata, perikanan, kelautan, pertanian, olah raga hingga edukasi.

photo
Matahari terbenam di puncak Darma, Geopark Cilletuh, Sukabumi Selatan - (Republika/Edi Yusuf)

Potensi ini harus bisa digali sebaik mungkin dan menjaganya dari kerusakan. Tentunya, dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di geopark ini warga harus mendapatkan berbagai dukungan dan pendampingan seperti apa yang telah dilakukan oleh para personel PT Jamkrindo.

Selama menjalankan programnya dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini dinilai berhasil memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada seperti memberikan bantuan mesin pengolahan dan pengemasan mangga untuk dijadikan keripik.

Sebelumnya harga mangga cukup rendah apalagi saat musim panen, tetapi dengan mengolahnya menjadi keripik, niai jualnya meningkat. Belum lagi pengembangan usaha lainnya seperti peternakan, perikanan, pertanian hingga home stay (rumah singgah) baik melalui bantuan fasilitas maupun kredit modal usaha yang bunganya sangat ringan serta bisa tanpa agunan ternyata mampu mendongkrak pendapatan warga.

"Warga maupun komunitas yang mendapatkan program dari Jamkrindo ini juga tidak hanya sebatas memanfaatkan potensi geopark, tetapi diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan serta mencegah kerusakan berbagai objek yang ada di geopark," tambahnya.

Jika semua pihak khususnya badan usaha baik milik negara maupun swasta bisa mencontoh apa yang telah dilakukan PT Jamkrindo dengan program pemberdayaan dan pengembangan geopark, objek wisata yang merupakan informasi proses alam terbentuknya Pulau Jawa ini akan semakin mendunia.

Imbas positifnya, kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri akan semakin meningkat dan pastinya ekonomi masyarakat ikut terdongkrak.

Selain itu, warga penerima manfaat dari PT Jamkrindo sudah terlihat peningkatan kesejahteraan dan perekonomiannya, bahkan selama pandemi Covid-19 yang berdampak penurunan secara drastis jumlah wisatawan yang datang, warga mampu bertahan karena tidak hanya mengandalkan potensi wisata saja, tetapi bisa memanfaatkan potensi lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement