Rabu 01 Sep 2021 19:15 WIB

Lagi, Bintang Barcelona Sepakat Pemotongan Gaji

Barcelona saat ini tengah mengalami kesulitan keuangan besar-besaran.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Jordi Alba dari Barcelona.
Foto: AP Photo/Joan Monfort
Jordi Alba dari Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang Barcelona Jordi Alba dan Sergio Busquets telah sepakat untuk menurunkan gaji demi membantu klub mendaftarkan striker baru Sergio Aguero. The Catalans saat ini tengah mengalami kesulitan keuangan besar-besaran.

Pasangan ini telah bergabung dengan Gerard Pique, yang merupakan pemain Barcelona pertama yang gajinya dikurangi awal musim panas ini. Tindakan Pique membantu Barcelona mendaftarkan pemain baru sebelumnya, Memphis Depay dan Eric Garcia, jelang dimulainya La Liga Spanyol musim 2021/2022.

“Pengurangan gaji untuk Sergio Busquets dan Jordi Alba, dua dari empat kapten tim utama, yang ditandatangani Selasa ini telah memungkinkan FC Barcelona mencapai dua tujuan, pendaftaran Sergio Agüero ke Liga Sepak Bola Spanyol (LFP) dan untuk memperpanjang batas klub berkaitan dengan peraturan financial fair play," demikian pernyataan Barcelona dilansir Marca, Rabu (1/9).

Meski masuk dengan transfer gratis musim panas ini, Barcelona tidak terburu-buru untuk mendaftarkan Sergio Aguero. Mantan penyerang Manchester City itu diperkirakan tidak akan beraksi dalam waktu dekat karena cedera jangka panjangnya. Namun, pemain internasional Argentina itu mungkin tidak akan bermain untuk Barcelona tanpa pengorbanan Busquets dan Alba.

Barcelona berada di tengah krisis keuangan yang disebabkan oleh salah urus mantan presiden Josep Bartomeu di samping pandemi global yang sedang berlangsung. Yang paling menonjol, raksasa Katalan tidak mampu menawarkan kontrak baru kepada Lionel Messi. Pemenang enam kali Ballon d'Or itu telah resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer musim panas ini.

Lantaran kondisi keuangan yang suram, Barcelona memiliki batas waktu transfer yang sangat sibuk. Blaugrana bertujuan untuk menyingkirkan beberapa pemain dan bintang yang terpinggirkan dengan gaji besar.

Dalam salah satu kesepakatan tenggat waktu terbesar, Barcelona mengizinkan Antoine Griezmann untuk bergabung kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman untuk musim 2021/2022. Kesepakatan itu membawa kewajiban bagi Rojiblancos untuk menjadikan kepindahan itu permanen musim panas mendatang hanya dengan 40 juta euro setara Rp 675 miliar. Sebagai penggantinya, Barcelona telah merekrut penyerang Sevilla, Luuk de Jong, dengan status pinjaman.

Barcelona menjual Ilaix Moriba ke RB Leipzig seharga 16 juta euro setara Rp 270 miliar dan juga menjual Emerson Royal ke Tottenham Hotspur seharga 25 juta euro setara Rp 422 miliar. Kedua kesepakatan juga melibatkan add-on yang bisa membuat Barca menghasilkan lebih banyak uang di masa depan.

Barcelona berhasil meraup beberapa pendapatan di saat-saat terakhir jendela transfer yang akan membantu klub keluar dari kekacauan keuangan. Pemotongan upah yang dilakukan oleh tiga kaptennya juga diharapkan dapat membantu klub keluar dari masalah ini.

Meski menjual beberapa pemain yang terpinggirkan, Barcelona gagal menyingkirkan pemain seperti Samuel Umtiti dan Miralem Pjanic, duo pemain berpenghasilan tertinggi di klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement