Rabu 01 Sep 2021 15:57 WIB

Ruam Jamur di Wajah, Gejala dan Penyebabnya

Selain di wajah, ruam jamur bisa terjadi selangkangan dan ketiak.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ruam jamur di wajah (ilustrasi).
Foto: Boldsky
Ruam jamur di wajah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah mikrobioma mengacu pada miliaran bakteri yang hidup di dalam tubuh yang membantu Anda tetap sehat. Selain usus, kulit Anda juga merupakan rumah bagi mikrobioma. 

Ini dikenal sebagai flora kulit Anda, kumpulan organisme seperti bakteri dan jamur. Mikrobioma kulit Anda termasuk ragi yang disebut Candida. Organisme jamur ini hidup di kulit orang yang sehat. Namun bila pertumbuhannya menjadi terlalu cepat, bisa menyebabkan ruam jamur di wajah. 

Infeksi kulit yang disebabkan oleh Candida dikenal sebagai kandidiasis atau infeksi jamur. Kandidiasis paling sering terjadi di area tubuh yang lembap seperti selangkangan atau ketiak. Namun ruam jamur ini juga bisa muncul di wajah, termasuk dahi, hidung, dan sudut mulut.

Orang dengan kondisi kulit lain seperti psoriasis berisiko lebih tinggi mengalami infeksi jamur di wajah mereka. Terkadang infeksi dapat disalahartikan sebagai psoriasis. 

Dilansir di laman Very Well Health, Rabu (1/9), inilah yang harus Anda ketahui tentang ruam jamur di wajah, psoriasis, dan hubungan antara kedua kondisi tersebut. Kandidiasis dapat terjadi di mana saja di tubuh, tapi jamur paling banyak tumbuh di daerah lembap. Namun, itu juga dapat terjadi pada wajah, terutama pada individu dengan kondisi kesehatan lain yang mendasarinya.

Gejala ruam jamur di wajah bervariasi tergantung pada bagaimana dan di mana ruam muncul, tapi ada beberapa yang umum, termasuk ruam merah cerah, sensasi terbakar atau gatal, nanah, terutama di sekitar tepi ruam.

Candida di wajah biasanya muncul di sekitar mulut (perlèche) atau di dalam mulut (sariawan). Ini berbeda dengan dermatitis seboroik, yang merupakan kondisi peradangan kulit yang mungkin terkait dengan reaksi terhadap jenis ragi lain, Malassezia. 

Perlèche adalah infeksi jamur di sekitar mulut, terutama di sudut mulut, yang menjadi pecah-pecah. Orang-orang dengan gigi palsu, pengisap jempol, dan mereka yang terbiasa menjilat bibir memiliki risiko terbesar terkena perlèche. Infeksi kandida pada wajah relatif jarang terjadi selain perlèche.

Kandidiasis mukokutaneus kronis adalah kondisi langka yang paling sering terjadi di dahi dan hidung. Kulit tampak merah, tebal, dan berkerak dengan cara yang sering menyerupai psoriasis. Jenis infeksi jamur ini juga dapat menyebabkan area yang dipenuhi nanah.

Infeksi kulit jamur terjadi ketika jumlah alami Candida menjadi terlalu banyak. Ini dapat terjadi ketika sistem kekebalan atau mikrobioma menjadi tidak seimbang, sering kali karena penggunaan obat atau kondisi medis yang mendasarinya. 

Faktor risiko untuk Candida infeksi meliputi menderita diabetes, menjadi gemuk, terutama dengan lipatan kulit yang bergesekan, memiliki sistem kekebalan yang tertekan, memiliki Human Immunodeficiency Virus (HIV), memiliki kondisi kulit lainnya, termasuk psoriasis atau intertrigo, minum antibiotik atau steroid, dan sedang menjalani kemoterapi

Selain itu, faktor risiko lain adalah berada di lingkungan yang hangat, lembap, atau mengenakan pakaian ketat atau basah dan sedang hamil. Infeksi Candida bukan satu-satunya penyebab ruam wajah. Mungkin sulit untuk menentukan apakah ruam Anda disebabkan oleh Candida, terutama jika Anda salah satu orang dengan kondisi kulit lain seperti psoriasis yang berisiko lebih tinggi terkena infeksi Candida. 

Ruam Candida sering ditandai dengan warna merah cerah, sedangkan psoriasis memiliki sisik keperakan. Ruam Candida mungkin memiliki nanah juga. Namun, beberapa jenis ruam Candida , terutama kandidiasis mukokutan kronis, dapat terlihat sangat mirip dengan wabah psoriasis. 

Jika Anda memiliki ruam di wajah, sebaiknya kunjungi dokter perawatan primer atau dokter kulit Anda untuk menentukan penyebab ruam Anda dan mendapatkan perawatan yang tepat. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement