Rabu 01 Sep 2021 11:08 WIB

Dubai Buka Stasiun Bawah Tanah Terbesar 1 September

Stasiun baru ini memiliki luas 28.700 meter persegi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Dubai Buka Stasiun Bawah Tanah Terbesar 1 September
Foto: asianranking.com
Dubai Buka Stasiun Bawah Tanah Terbesar 1 September

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Otoritas Jalan dan Transportasi Dubai (RTA) akan membuka stasiun metro bawah tanah terbesarnya pada Rabu, 1 September ini. Stasiun Metro Jumeirah Golf Estates, yang dijadwalkan dibuka selama Expo 2020, dibuka sebulan sebelum acara besar dimulai.

Stasiun baru, yang merupakan bagian dari Route 2020, akan menghubungkan komunitas perumahan seperti IMPZ, Dubai Production City, dan Dubai Sports City, antara lain, ke jaringan Metro. Seorang warga Dubai Production City, Cristina Cruz, mengaku sangat gembira dengan pengumuman tersebut.

Baca Juga

“Saya bekerja di Al Quoz dan perjalanan harian saya memakan waktu lebih dari satu jam. Ini melibatkan perjalanan bus ke stasiun Metro Dubai Internet City, perjalanan Metro dan kemudian naik bus lain. Stasiun baru akan memangkas setengah waktu perjalanan saya," ujarnya, dilansir dari Khaleej Times, Rabu (1/9).

Stasiun baru ini memiliki luas 28.700 meter persegi. Kereta dapat melayani 11.555 pengendara per jam selama waktu puncak dan sekitar 250 ribu orang per hari. Stasiun ini juga memiliki dua platform naik, empat halte bus, 20 pangkalan taksi dan 400 tempat parkir gratis.

Fasilitas ini memiliki 14 outlet untuk investor di area seluas 466 meter persegi, di samping empat area display untuk toko ritel. Pembukaan stasiun dilakukan delapan bulan setelah peluncuran Route 2020. Perjalanan perdana rute ini dimulai pada 1 Januari 2021, dengan empat stasiun: Jebel Ali (stasiun transfer di Jalur Merah), The Gardens, The Discovery Gardens, dan Al Furjan.

Stasiun Dubai Investment Park dan Expo 2020 dibuka pada Juni tahun ini. Untuk saat ini, akses ke stasiun Expo 2020 dibatasi untuk mereka yang diizinkan masuk ke situs Expo. Ini akan resmi dibuka untuk umum ketika acara besar itu dibuka pada 1 Oktober.

Route 2020 memiliki kapasitas 46 ribu pengendara per jam di kedua arah (23 ribu pengendara per jam per arah). Studi RTA mengantisipasi jumlah pengendara yang menggunakan rute tersebut mencapai 125 ribu per hari pada 2021, dan meningkat menjadi 275 ribu per hari pada 2030.

https://www.khaleejtimes.com/news/transport/dubai-jumeirah-golf-estates-metro-station-to-open-on-september-1

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement