Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Cek, Sudahkah Anda Menyisir Rambut dengan Benar?

Rabu 01 Sep 2021 07:28 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Cara menyisir rambut dengan benar (ilustrasi).

Cara menyisir rambut dengan benar (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Menyisir rambut merupakan perawatan penting yang sering diabaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut manusia sangat halus dan membutuhkan banyak perawatan untuk memastikan kesehatan dan kecantikannya. Berbicara tentang perawatan rambut, ada berbagai hal yang harus diperhatikan karena prosesnya yang multifaset dan bernuansa. 

Sebagai contoh, diet saja tidak bisa memastikan rambut sehat jika mengabaikan metode perawatan rambut lainnya seperti memberi vitamin dan mencucinya. Setiap tindakan secara langsung atau tidak langsung dapat memengaruhi tindakan lainnya.

Karena itu, penting untuk mengetahui seluk-beluk dan cara yang tepat untuk melakukan praktik perawatan rambut. Menyisir rambut merupakan langkah penting perawatan rambut yang sering diabaikan. 

Alasannya beragam, ada yang lupa, takut rambut rontok, atau menyisir dianggap hal yang tidak perlu. Harus diingat, menyisir dan mengikuti cara yang benar adalah salah satu langkah utama menuju rambut yang bagus.

Menyisir rambut penting karena membantu meningkatkan sirkulasi kulit kepala, menghilangkan rambut rontok, dan membantu meningkatkan kesehatan dan kilau rambut. Berikut beberapa cara menyisir rambut dengan benar, seperti dilansir laman Times Now News, Rabu (1/9):

1. Pilih sisir yang cocok

Berbagai sisir tersedia yang bisa membantu menyisir berbagai jenis rambut. Misalnya, sisir dayung akan lebih cocok untuk rambut bergelombang atau lurus dibandingkan sikat bundar, jadi pastikan memilih sikat yang tepat untuk rambut.

2. Hilangkan kekusutan

Detangling atau menghilangkan kekusutan rambut harus menjadi langkah utama menyikat rambut. Ini berlaku untuk rambut basah maupun kering. Hal ini penting untuk menghindari kerusakan karena tersangkut.

3. Gunakan produk penghilang kusut

Saat menyisir rambut kering, Anda bisa menggunakan produk penghilang kusut untuk mempermudah prosesnya. Rambut basah rapuh dan lebih rentan patah oleh karena itu harus dipastikan bahwa Anda tidak terlalu kasar pada kulit kepala atau rambut saat menyisir rambut basah.

4. Jangan berlebihan

Berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa menyisir rambut sering bisa meningkatkan kualitas rambut, menyisir rambut sangat sering justru bisa meningkatkan risiko kerontokan rambut. Hindari membiarkan rambut kusut, tetapi juga jangan menyisir rambut lebih dari 100 kali sehari.

5. Pakai pelembap

Memberi kelembapan pada rambut misalnya menggunakan vitamin, bisa membantu meningkatkan kesehatan rambut tetapi menyisir setelah mengolesinya bisa menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut, karena itu harus dihindari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA