Selasa 31 Aug 2021 23:48 WIB

RSUD Tangerang Mulai Vaksinasi Warga Komorbid

Vaksinasi warga komorbod do RSUD Tangerang menggunakan vaksin pfizer.

Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Pfizer. ilustrasi
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Pfizer. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, Banten, mulai melaksanakan program vaksinasi COVID-19 menggunakan Pfizer. Vaksinasi menyasar warga dengan penyakit penyerta atau komorbid seperti thalasemia, hemofilia dan penyintas kanker.

"Programnya telah dimulai dari kemarin sampai sebulan ke depan, mereka yang memiliki penyakit seperti thalasemia, hemofilia, kanker, HIV, jantung, dan lainnya bisa mendapatkan vaksinasi di RSUD Kabupaten Tangerang," ucap Dokter Spesialis Penyakit RSUD Kabupaten Tangerang, Edi Sangsaragi.

Baca Juga

Ia mengatakan penyuntikan vaksin Pfizer ini baru dimulai pada Senin (30/8) dengan jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 300 dosis per harinya. RSUD Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan komunitas kanker, thalasemia dan penyakit lainnya untuk mendatakan pasien yang memiliki penyakit tersebut.

Ribuan warga kormorbid ditargetkan bisa mendapat vaksinasi COVID-19 jenis Pfizer di RSUD Kabupaten Tangerang."Tiap hari itu ada 20 pasien thalasemia, targetnya seluruh pasien yang punya penyakit penyerta bisa divaksinasi semua," katanya.

Ia menjelaskan syarat untuk mendapatkan vaksin Pfizer itu bagi pasien thalasemia dipastikan tidak mengalami demam dalam kurun waktu tiga hari terakhir, dan Hemoglobinnya tidak drop.

Sementara pada pasien hemofilia, beberapa menit sebelum dilakukan vaksin, harus terlebih dahulu disuntikkan obat agar tidak terjadi pembekuan darah pasca-vaksinasi."Untuk pasien kanker dipastikan mereka tidak sedang minum obat, tidak sedang menjalani treatmen penyembuhan atau kemoterapi, dan juga hanya dalam masa kontrol untuk mengendalikan kankernya itu," ungkapnya.

Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Serita Ginting menambahkan, bahwa calon penerima vaksin menggunakan Pfizer di rumah sakit tersebut menyasar pasien komorbid dan juga masyarakat umum. Bagi para calon penerima vaksin harus terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui situs resmi RSUD Kabupaten Tangerang di https://rsud-tangerangkab.id.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement