Selasa 31 Aug 2021 21:40 WIB

Perjalanan Kedatangan AS Hingga Keluar dari Afghanistan

Pasukan Amerika Serikat datang ke Afghanistan pada 2001

Red: Nur Aini
Pasukan Amerika Serikat datang ke Afghanistan pada 2001
Pasukan Amerika Serikat datang ke Afghanistan pada 2001

 

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Pasukan Amerika Serikat datang ke Afghanistan pada 2001 sebagai bagian dari “perang melawan teror” menyusul serangan 9/11 dengan tujuan menghancurkan jaringan Alqaeda. Kelompok teror itu disalahkan karena membom Menara Kembar di New York.

AS juga ingin menggulingkan Taliban dari Kabul karena tidak mau menyerahkan Osama bin Laden. Pemerintahan mantan Presiden AS George Bush berjanji akan melakukan perang yang cepat dan tegas melawan Taliban. Tapi rencana itu berubah menjadi konflik berkepanjangan dan mematikan yang berlangsung hampir 20 tahun.

Berikut kronologis peristiwa perang dan masuknya pasukan AS di Afghanistan.

1 Oktober 2001: Presiden Pakistan Jenderal Pervez Musharraf, dalam sebuah wawancara dengan media asing, mengatakan Taliban tampaknya tinggal menghitung hari.

2 Oktober: Duta Besar Taliban untuk Pakistan Mullah Abdul Salam Zaeef pada konferensi pers di Islamabad meminta dunia untuk membantu merundingkan masalah Osama bin Laden, dengan mengatakan bahwa Taliban tidak akan menyerahkan bin Laden ke AS tanpa bukti nyata keterlibatannya dalam kegiatan teror.

4 Oktober: Komandan veteran Mujahidin Afghanistan Gulbuddin Hekmatyar memperingatkan Pakistan bahwa mereka akan membayar harga yang mahal jika membantu serangan AS di Afghanistan.

5 Oktober: AS mengirim 1.000 pasukan elit ke Uzbekistan setelah bekas republik Soviet itu memberi lampu hijau kepada Washington untuk menggunakan pangkalan udara dalam kampanye anti-terornya terhadap negara tetangga Afghanistan.

6 Oktober: Milisi Taliban menembakkan rudal ke pesawat mata-mata Amerika yang diduga mengitari ibu kota Afghanistan, Kabul, memicu kekhawatiran akan serangan militer AS yang akan segera terjadi.

6 Oktober: Sejalan dengan resolusi PBB 1276 dan 1333 masing-masing pada 1999 dan 2000, Islamabad membekukan rekening bank dan aset para pemimpin tinggi Taliban selain Osama bin Laden dan rekan-rekannya yang disimpan di Pakistan.

7 Oktober: AS, bersama dengan Inggris, menyerang kamp pelatihan Al-Qaeda dan fasilitas komando dan kontrol Taliban di beberapa tempat di Afghanistan, menandakan dimulainya kampanye militer melawan rezim Kabul dan bin Laden.

7 Oktober: Taliban mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat militer AS.

7 Oktober: Bush dalam pidato yang disiarkan televisi mengatakan AS melancarkan serangan terhadap kamp pelatihan Al-Qaeda dan instalasi militer rezim Taliban.

8 Oktober: Komandan Taliban mendengarkan Mullah Omar menyerukan untuk berjuang sampai akhir melalui perangkat nirkabel.

9 Oktober: Wakil Menteri Luar Negeri Mullah Abdur Rahman Zahid pada pertemuan darurat 56 negara Organisasi Konferensi Islam (OKI), mengimbau negara-negara Muslim untuk menekan AS dan Inggris agar menghentikan serangan udara terhadap lokasi pemboman di Afghanistan karena tindakan itu ilegal dan tidak disetujui oleh PBB.

11 Oktober: “Operasi militer AS dan Inggris dapat berlangsung hingga musim panas mendatang,” kata kepala pertahanan Inggris Michael Boyce dalam indikasi pertama oleh Barat tentang berapa lama mereka memperkirakan kampanye akan berlangsung.

11 Oktober: Dengan ratusan tentara AS telah tiba di Pakistan, Amerika diizinkan untuk menggunakan setidaknya dua lapangan terbang di Sindh dan Balochistan untuk melawan Taliban.

Oktober; 13: Pejabat Kementerian Kesehatan Afghanistan Maulvi Abdul Malik mengonfirmasi 473 warga sipil, termasuk 107 wanita dan 51 anak-anak, tewas dalam lima hari terakhir setelah serangan udara yang dipimpin AS.

13 Oktober: Pentagon mengakui pasukan AS secara tidak sengaja menghantam daerah perumahan di dekat bandara Kabul dengan bom 907-kilo setelah serangan terhadap sebuah helikopter militer meleset.

14 Oktober: Menteri Luar Negeri Pakistan Abdul Sattar mengatakan Raja Afghanistan Zahir Shah, yang digulingkan pada 1973, akan diterima Pakistan sebagai kepala pemerintahan berbasis luas setelah Taliban digulingkan.

14 Oktober: Pemimpin tertinggi Taliban Mullah Muhammad Omar mengatakan milisi Islamnya akan mengajarkan Amerika Serikat "pelajaran yang jauh lebih pahit" daripada yang diajarkan kepada Uni Soviet pada 1980-an. Dalam sebuah wawancara dengan harian Saudi, dia mengatakan: "Memang benar bahwa kami belum memulai pertempuran nyata kami melawan Amerika Serikat karena keunggulan teknologi mereka. Tapi - Insya Allah - kami tidak akan menyambut mereka dengan mawar," kata Omar dalam sebuah wawancara telepon dari Afghanistan.

19 Oktober: Pasukan Khusus AS memulai operasi darat dalam jumlah kecil di Afghanistan selatan untuk mendukung upaya CIA memisahkan faksi-faksi Taliban.

19 Oktober: Komandan Mujahidin Maulvi Jalaluddin Haqqani mengatakan Taliban telah menyiapkan strategi untuk memulai perang gerilya yang panjang dari pegunungan melawan pasukan penyerang yang merebut kota-kota mereka dan pemerintah baru yang dibentuk di sana untuk mengobarkan perang tanpa akhir guna membebaskan Afghanistan lagi dari penjajah.

20 Oktober: Pasukan khusus AS terjun payung ke Afghanistan selatan dan menyerang lapangan terbang dan kediaman Omar di dekat Kandahar dalam serangan terkoordinasi untuk menyita materi intelijen.

8 November: Mohammad Mohaqeq, seorang anggota partai Hezb-i-Wahdat, mengatakan pesawat-pesawat tempur AS mendarat untuk pertama kalinya di pangkalan udara utama Bagram Afghanistan, di utara Kabul.

13 November: Taliban meninggalkan ibu kota Afghanistan tanpa melepaskan satu tembakan dan melarikan diri ke timur ke markas spiritual mereka di Kandahar.

14 November: Pasukan anti-Taliban mengklaim kemenangan ketika kubu terakhir Islam garis keras Afghanistan di Kandahar jatuh saat Washington bersiap untuk perburuan "jarum di tumpukan jerami" untuk menemukan Osama bin Laden.

14 November: Pemimpin Aliansi Utara Anti-Taliban merebut kendali pemerintahan di Kabul meskipun Barat menyerukan konsultasi luas tentang rezim pasca-Taliban.

16 November: Pasukan Taliban mulai mengevakuasi jantung politik dan spiritual Kandahar untuk melancarkan perang gerilya dari pegunungan Afghanistan. Omar memerintahkan penarikan untuk menghindari korban sipil lebih lanjut dari serangan udara AS terhadap kota selatan.

19 November: Kepemimpinan Taliban menyerahkan kendali provinsi Farah ke Shoora (dewan) suku setempat setelah negosiasi dengan para tetua.

21 November: Gubernur baru Provinsi Herat, Ismail Khan, menyuarakan penentangan terhadap pengerahan pasukan asing.

22 November: Komite Palang Merah Internasional mengatakan antara 400 dan 600 jenazah ditemukan di Mazar-i-Sharif setelah direbut oleh Aliansi Utara.

25 November: Komandan Aliansi Daoud Khan mengatakan benteng terakhir Taliban di Kunduz jatuh ke tangan pasukan Aliansi Utara.

25 November: Seorang juru bicara Aliansi Utara mengatakan hingga 700 orang asing tewas ketika mereka mencoba melawan para penculik mereka di Provinsi Kunduz.

28 November: Seorang komandan senior dari pasukan yang setia kepada Gul Agha, mantan gubernur mujahidin Kandahar, mengatakan 160 pejuang Taliban yang ditangkap, yang menolak untuk menyerah pekan lalu, dieksekusi di depan mata personel militer AS.

29 November: Amnesty International menyerukan penyelidikan internasional atas pembunuhan ratusan tahanan Taliban di benteng Qala-i-Jangi.

30 November: Duta besar juru bicara koalisi pimpinan AS Kenton Keith menolak saran yang dibuat oleh Amnesty International untuk mengadakan penyelidikan atas pembunuhan ratusan tahanan Taliban di Qala-i-Jangi.

• Pasukan AS keluar dari Afghanistan

Meskipun Presiden AS saat itu Barak menyatakan kesediaan untuk bernegosiasi dengan Taliban untuk perdamaian di Afghanistan, Presiden Donald Trump mengambil langkah praktis dan mendorong Pakistan untuk membebaskan Mullah Abdul Ghani Baradar, yang menjabat sebagai komandan kedua Taliban di bawah Omar dan mengkoordinasikan operasi militer kelompok itu di Afghanistan selatan.

Seorang juru bicara Taliban mengumumkan pembebasan Baradar dari sebuah penjara di Karachi, Pakistan, pada 24 Oktober 2018, setelah delapan tahun ditahan.

29 Februari: Setelah lebih dari 18 tahun konflik, AS dan Taliban menandatangani kesepakatan untuk membawa perdamaian ke Afghanistan. Kesepakatan, yang dengan suara bulat diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB didukung oleh China, Pakistan dan Rusia.

29 Februari: Sebagai bagian dari Perjanjian Perdamaian Doha, AS setuju untuk menarik pasukan militer dalam waktu 14 bulan, yang berakhir pada Mei 2021.

1 Maret 2020: Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menentang syarat dalam kesepakatan AS-Taliban yang mengharuskan pemerintahnya membebaskan 5.000 tahanan Taliban.

10 Maret: Ghani memerintahkan pembebasan 1.500 tahanan Taliban di bawah tekanan AS.

3 September: Afghanistan membebaskan 400 tahanan Taliban sebagaimana diatur dalam kesepakatan AS-Taliban, membuka jalan bagi dimulainya pembicaraan damai intra-Afghanistan.

12 September: Setelah tujuh bulan tertunda, pejabat pemerintah Afghanistan dan perwakilan Taliban bertemu di Qatar untuk pembicaraan damai.

2 Desember: Negosiator pemerintah Afghanistan dan Taliban mencapai kesepakatan tentang kerangka kerja untuk pembicaraan damai. Pada saat yang sama, Taliban mempertahankan pendekatan “lawan dan bicara”, mengintensifkan konflik untuk meningkatkan daya tawarnya dengan pemerintah Afghanistan.

14 April 2021: Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa pasukan Amerika terakhir di Afghanistan, diperkirakan 2.500, akan mulai berangkat pada 1 Mei. Biden mengatakan seluruh proses keberangkatan akan selesai pada 11 September, yang menandai 20 tahun setelah serangan al-Qaeda yang mendorong invasi AS ke Afghanistan.

15 April 2021: Sebagai tanggapan terhadap Presiden AS Joe Biden untuk menunda penarikan penuh hingga 11 September, Taliban mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa kegagalan untuk menyelesaikan penarikan pada 1 Mei membuka jalan bagi Taliban untuk mengambil setiap tindakan balasan yang diperlukan, maka pihak Amerika akan bertanggung jawab atas semua konsekuensi di masa depan.

2 Juli 2021: Pasukan AS diam-diam menarik diri dari Lapangan Terbang Bagram, lapangan terbang terbesar di Afghanistan. Ini secara efektif mengakhiri keterlibatan AS dalam perang.

9 Juli 2021: Presiden AS Joe Biden mengumumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan setelah 20 tahun perang akan berlangsung hingga 31 Agustus, bukan 11 September.

6 Agustus: Taliban merebut Zaranj, ibu kota Provinsi Nimruz di selatan, menjadi ibu kota provinsi pertama yang jatuh.

7 Agustus: Taliban merebut seluruh provinsi utara Jawzjan, termasuk ibu kotanya, Sheberghan.

8 Agustus: Taliban menguasai Sar-e-Pul, ibu kota provinsi utara dengan nama yang sama. Kelompok itu juga menguasai Provinsi Kunduz dan Taluqan pada hari yang sama.

9 Agustus: Aybak, ibu kota provinsi utara Samangan, direbut oleh pejuang Taliban.

10 Agustus: Taliban merebut Farah, ibu kota provinsi barat dengan nama yang sama dan Pul-e-Khumri, ibu kota Provinsi Baghlan.

11 Agustus: Taliban menguasai Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan.

12 Agustus: Taliban merebut ibu kota Provinsi Ghazni, memaksa para pejabat mundur ke Kabul. Kemudian, kelompok menguasai provinsi Herat dan Kandahar.

13 Agustus: Taliban menguasai Lashkar Gah, ibu kota provinsi Helmand di selatan. Pada hari yang sama, juga menguasai Provinsi Badghis, Logar, Uruzgan, Zabul dan Ghor tanpa perlawanan.

14 Agustus: Pejuang Taliban menyerbu Mazar-i-Sharif di Provinsi Balkh, dan kemudian Pul-e-Alam, ibu kota Provinsi Logar, 70 kilometer di selatan Kabul.

15 Agustus: Jalalabad, ibu kota Provinsi Nangarhar, diambil alih oleh Taliban

15 Agustus: Pejuang Taliban menyerbu ibu kota Afghanistan, Kabul, memaksa Ashraf Ghani meninggalkan negara itu.

15 Agustus: AS mengevakuasi diplomat dari Kedutaan Besar Kabul.

16 Agustus: Dalam pidatonya, Presiden AS Joe Biden mengatakan, "Saya tidak menyesali keputusan saya untuk mengakhiri perang Amerika di Afghanistan," dan menangkis kritik atas keruntuhan cepat pemerintah.

16 Agustus: Ribuan warga sipil berkumpul di bandara internasional Kabul dalam upaya untuk melarikan diri dari Afghanistan.

17 Agustus: Taliban berjanji untuk melindungi hak-hak perempuan "dalam hukum Islam" dan mendirikan pemerintahan "Islam yang inklusif". Mereka juga mendeklarasikan "amnesti" dan mendorong warga Afghanistan untuk kembali bekerja.

23 Agustus: Juru bicara Taliban Suhail Shaheen memperingatkan "konsekuensi" jika pasukan asing tetap berada di luar 31 Agustus, menyebut tanggal tersebut sebagai "garis merah."

24 Agustus: Biden mengatakan Washington berupaya untuk menyelesaikan evakuasi pada 31 Agustus tetapi tetap membuka pintu untuk memperpanjang tenggat waktu, dengan alasan perlunya kerja sama dari kepemimpinan Taliban.

24 Agustus 2021: Bank Dunia menangguhkan pencairan bantuan ke Afghanistan, menyuarakan keprihatinan tentang bagaimana pengambilalihan Taliban akan mempengaruhi “prospek pembangunan negara, terutama bagi perempuan.”

26 Agustus 2021: Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan “tidak ada bukti” bahwa al-Qaeda melakukan serangan 11 September 2001 dari Afghanistan.

26 Agustus 2021: Beberapa ledakan mengguncang ibu kota Afghanistan, Kabul, termasuk dua di luar bandara, menewaskan banyak orang dan melukai ratusan lainnya. Kemudian di malam hari, lebih banyak ledakan dilaporkan, sehingga jumlah total ledakan menjadi enam. Komandan US CENTCOM Jenderal Kenneth McKenzie menegaskan bahwa bom tersebut menewaskan 12 tentara AS dan melukai 15 lainnya.

26 Agustus: AS mengevakuasi dan membantu evakuasi sekitar 95.700 orang dari Afghanistan sejak 14 Agustus.

 

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/garis-waktu-kedatangan-as-hingga-keluar-dari-afghanistan/2351509
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement