Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Pariaman Jadikan UMKM Makanan untuk Dukung Pemulihan Ekonomi

Selasa 31 Aug 2021 19:37 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Mas Alamil Huda

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menunjukkan produk makanan industri rumahan yang sudah diberi lebel kemasan.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menunjukkan produk makanan industri rumahan yang sudah diberi lebel kemasan.

Foto: ANTARA/RAHMAD
Usaha industri makanan merupakan salah satu sektor yang mendukung pemulihan ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit, mengatakan, usaha industri makanan merupakan salah satu sektor yang mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19. Pemkot akan mendorong pengembangan UMKM makanan supaya menghasilkan produk bermutu dan dipasarkan secara luas.

"Kami ingin memberikan motivasi, pembekalan ilmu dan keahlian kepada pelaku UMKM, agar ke depannya mereka akan lebih bisa mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi, ditengah persaingan yang begitu ketat saat ini," kata Gusniyetti, Selasa (31/8).

Gusniyetti menyebut, Pemkot Pariaman hari ini mengadakan Pelatihan Diversifikasi Makanan Olahan Khas Pariaman Bagi UMKM Kota Pariaman di gedung pertemuan SMKN 2 Pariaman. Pelatihan ini, menurut dia, untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan cara memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku mikro (BPUM).

Pada tahun 2020 Pemkot Pariaman telah memfasilitasi para pelaku UMKM sebanyak 5.021 UMKM dengan nilai bantuan Rp 2,4 juta per UMKM. Sedangkan pada tahun 2021 ini telah difasilitasi sebanyak 6.978 UMKM dengan nilai bantuan Rp 1,2 juta per UMKM.

“Dengan terus berkembangnya industri makanan ringan dan makanan olahan di Kota Pariaman, diharapkan pelaku UMKM dapat tumbuh dan mulai bangkit kembali akibat pandemi ini, serta dapat meningkatkan kunjungan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman," ucap dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA