Selasa 31 Aug 2021 09:43 WIB

Alat Tes PCR RSUD Kabupaten Sorong Rusak

Saat ini RSUD Kabupaten Sorong tidak melakukan pelayanan pemeriksaan Covid-19.

Alat tes usap Covid-19 atau PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. J. P. Wanane Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, mengalami kerusakan. (Foto: Tes PCR)
Foto: Infografis Republika.co.id
Alat tes usap Covid-19 atau PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. J. P. Wanane Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, mengalami kerusakan. (Foto: Tes PCR)

REPUBLIKA.CO.ID, SORONG -- Alat tes usap Covid-19 atau PCR di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. J. P. Wanane Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, mengalami kerusakan. Akibatnya, saat ini RSUD Kabupaten Sorong tidak melakukan pelayanan pemeriksaan Covid-19.

Bupati Sorong Jhonny Kamuru yang dikonfirmasi di Sorong, Selasa (31/8), membenarkan alat tes PCR di Rumah Sakit J. P. Wanane mengalami kerusakan. Dia mengatakan, sudah memerintahkan pihak rumah sakit dan dinas terkait agar segera mendatangkan teknisi untuk memperbaiki alat tersebut usap tersebut.

Baca Juga

"Saya sudah perintahkan agar secepatnya datangkan teknisi untuk melakukan pengecekan dan perbaikan alat PCR tersebut sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan," ujarnya.

Menurutnya, bila alat PCR tersebut sudah benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi, pemerintah daerah akan melakukan pengadaan alat baru pada APBD perubahan. Langkah tersebut dilakukan agar pelayanan kepada masyarakat terutama dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sorong tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Ia mengakui bawah selama ini pelayanan tes PCR di Rumah Sakit J. P. Wanane tidak hanya melayani masyarakat Kabupaten Sorong saja, tetapi seluruh wilayah Sorong raya termasuk Kota Sorong. "Kami tidak bisa membatasi daerah lain untuk melakukan tes PCR di Rumah Sakit J. P. Wanane kabupaten Sorong saja, sebab pandemi ini masalah kemanusiaan bersama," tambah dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement