Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

AUF Batalkan Pemanggilan Cavani ke Timnas Uruguay

Senin 30 Aug 2021 23:25 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

 Edinson Cavani

Edinson Cavani

Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Cavani pun telah disertakan dalam skuad besutan Oscar Tabarez tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) membatalkan pemanggilan striker Manchester United, Edinson Cavani, ke skuad timnas Uruguay yang bakal berlaga di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Dengan keputusan ini, striker berjuluk El Matador ini akan tetap berada di Inggris selama jeda internasional pada pekan depan. Pada 2 September hingga 9 September mendatang, La Celeste dijadwalkan bakal menghadapi Peru, Bolivia, dan Ekuador dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL.

Nama Cavani pun telah disertakan dalam skuad besutan Oscar Tabarez tersebut. Namun, AUF akhirnya membatalkan pemanggilan eks striker Paris Saint Germain tersebut.

Keputusan ini tidak terlepas dari polemik yang sempat muncul soal keengganan klub-klub asal Inggris untuk melepas pemain asal Amerika Selatan untuk memperkuat timnas negara masing-masing pada masa jeda internasional.

''Berdasarkan situasi yang berkembang soal pemain-pemain yang merumput di Inggris, Federasi Sepak Bola Uruguay memutuskan membatalkan pemanggilan Cavani ke timnas Uruguay,'' tulis pernyataan resmi AUF seperti dilansir Daily Mail, Senin (30/8).

Sebelumnya, sejumlah klub kontestan Liga Primer Inggris merasa keberatan melepas pemainnya, terutama yang berasal dari Amerika Selatan, untuk memperkuat timnas negaranya masing-masing.

Saat ini, sebagian besar negara di Amerika Selatan masih masuk dalam daftar merah Pemerintah Inggris terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Alhasil, setiap pemain yang kembali dari negara-negara tersebut harus menjalani karantina mandiri setidaknya selama 10 hari sebelum bergabung dengan klubnya masing-masing.

Kondisi ini tentu akan merugikan klub lantaran pemain-pemain tersebut akan absen setidaknya di tiga partai di semua ajang. Kondisi ini yang akan menimpa Cavani apabila memperkuat timnas Uruguay.

Eks striker Napoli itu kemungkinan besar akan absen di dua laga lanjutan Liga Primer Inggris, satu partai Piala Liga Inggris, dan laga pembuka penyisihan grup Liga Champions.

Namun, dengan keputusan dari AUF tersebut, Cavani berpeluang besar untuk diturunkan di laga pertama United pasca jeda internasional, kontra Newcastle United, 11 September mendatang.

Sementara kondisi berbeda dialami oleh Tottenham Hotspur. Dua penggawa Tottenham Hotspur asal Argentina, Critian Romero dan Giovani Lo Celso, kemungkinan besar akan tetap memperkuat Albiceleste di lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan beresiko absen di tiga laga Spurs pasca jeda internasional.

Pelatih Spurs, Nuno Espirito Santo, berharap ada bantuan dari Pemerintah Inggris, FA, ataupun otoritas politik lain terkait polemik tersebut.

''Kami tidak bisa menghentikannya. Namun, kami akan berusaha untuk mendapatkan jalan terbaik. Sehingga, begitu mereka kembali, kami bisa langsung menurunkannya,'' tutur Espirito Santo seperti dikutip BBC, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA