Senin 30 Aug 2021 21:08 WIB

Dahulukan Hewan Keluar dari Afghanistan, Marinir AS Dikritik

Marinir Amerika Serikat prioritaskan hewan daripada manusia keluar dari Afghanistan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nashih Nashrullah
Marinir Amerika Serikat prioritaskan hewan daripada manusia keluar dari Afghanistan. Antre evakuasi di Bandara Kabul.
Foto: Al Jazeera
Marinir Amerika Serikat prioritaskan hewan daripada manusia keluar dari Afghanistan. Antre evakuasi di Bandara Kabul.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL – Seorang mantan marinir Inggris yang mengelola suaka hewan di Kabul yang merupakan rumah bagi 200 kucing dan anjing telah meninggalkan Afghanistan dengan pesawat sewaan dengan hewan-hewan peliharaannya. Akan tetapi, dia meninggalkan staf lokalnya. 

Paul "Pen" Farthing dan hewan-hewannya lepas landas dari Kabul pada Sabtu (28/8) malam setelah melakukan kampanye tingkat tinggi di Inggris yang telah memecah negara dan mencapai tingkat pemerintahan tertinggi. 

Baca Juga

Dominic Dyer, juru bicara Farthing yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa pesawat itu mendarat di Bandara Heathrow London pada hari Ahad (29/8). 

Farthing memulai amal Nowzad setelah bertugas dengan pasukan Inggris di Afghanistan 15 tahun lalu dan ditawari perjalanan yang aman ke luar negeri bersama dengan anggota stafnya dan keluarga mereka. 

Tapi Farthing menolak untuk pergi tanpa hewan-hewan itu dan menggunakan wawancara media dan media sosial untuk meluncurkan apa yang disebut pendukungnya 'Operation Ark'. Dia mendapat dukungan dari selebriti, termasuk komedian Inggris, Ricky Gervais. 

Yang lain menganggap kampanyenya sebagai gangguan dari upaya Inggris untuk mengevakuasi 15 ribu warga Afghanistan dan warga Inggris. 

Baca juga : Densus: Cermati pengungsi Afghanistan yang Masuk Indonesia

"Apa yang akan Anda katakan jika saya mengirim ambulans untuk menyelamatkan anjing saya daripada menyelamatkan ibumu?" kata anggota parlemen Konservatif Tom Tugendhat, yang bertugas dengan Angkatan Darat Inggris di Afghanistan. 

"Kami baru saja menggunakan banyak pasukan untuk membawa 200 anjing. Sementara itu, keluarga penerjemah saya kemungkinan besar akan dibunuh," kata Tugendhat, dilansir di Euronews, Senin (30/8). 

Farthing dan pendukungnya mengatakan Operation Ark tidak mengambil kursi pesawat dari orang atau menguras sumber daya dari operasi evakuasi resmi. Tetapi pejabat pemerintah tidak setuju. 

Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan militer harus memprioritaskan orang daripada hewan peliharaan. Dia juga mengeluhkan beberapa pendukung Farthing yang lebih militan telah mengambil terlalu banyak waktu dari komandan senior dan telah mengirim penyalahgunaan kepada staf militer. 

Pada Jumat, setelah berhari-hari upaya kelompok itu gagal untuk mencapai keselamatan, militer Inggris mengatakan telah memberikan izin untuk penerbangan carteran dan pasukan Inggris telah 'membantu' Farthing dan hewan-hewan ke bandara. 

Dyer mengatakan penjaga Taliban tidak akan membiarkan staf Afghanistan masuk, meskipun mereka memiliki surat-surat yang mengizinkan mereka untuk pergi ke Inggris. Dia mengatakan Nowzad akan terus bekerja untuk membawa mereka dengan selamat ke Inggris. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement