Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Rusia Ingatkan Potensi Kenaikan Kasus West Nile

Senin 30 Aug 2021 23:06 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Nyamuk penyebab virus west nile

Nyamuk penyebab virus west nile

Foto: cdc
Curah hujan lebat menguntungkan nyamuk pembawa virus west nile.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia memperingatkan kemungkinan peningkatan infeksi virus West Nile pada musim gugur tahun ini. Sebabnya, suhu ringan dan curah hujan lebat menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi nyamuk yang membawanya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa suhu lebih ringan yang dikaitkan dengan perubahan iklim dapat menyebabkan penyakit seperti virus West Nile dapat tersebar lebih luas."Mengingat kondisi iklim yang menguntungkan tahun ini curah hujan yang melimpah... musim gugur yang hangat dan panjang, sejumlah besar pembawa (virus) dapat diamati di musim gugur," kata Rospotrebnadzor, pengawas kesehatan konsumen Rusia, pada Senin.

Baca Juga

Berasal dari Afrika, virus WestNile telah menyebar di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.Virus tersebut terutama ditularkan melalui gigitan nyamuk dan dapat menyebabkan penyakit saraf yang fatal pada manusia, meskipun kebanyakan orang yang terinfeksi tidak pernah mengalami gejala apapun.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus itu menyebabkan demam West Nile pada sekitar 20 persen kasus. Lebih dari 80 persen kasus demam West Nile di Rusia tercatat di wilayah barat daya negara itu. Tidak ada vaksin bagi manusia untuk melawan virus tersebut meskipun ada vaksin bagi kuda, kata WHO.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA