Selasa 31 Aug 2021 00:25 WIB

5 Kebiasaan yang Lemahkan Imunitas

Imunitas penting dijaga agar tak mudah terserang penyakit, termasuk Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.
Foto: Wikimedia
Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daya tahan tubuh atau imunitas merupakan salah satu tameng terpenting untuk melindungi diri dari paparan Covid-19 di masa pandemi. Hanya saja, ada beberapa kebiasaan yang dapat melemahkan imunitas namun cukup sering diterapkan oleh sebagian orang.

Secara umum, sistem imun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebagian di antaranya adalah stres, kurang tidur, dan asupan makan.

Baca Juga

Terkait asupan makan, ahli gizi Mary Albus RD CDN dan Matt Mazzino RD LD menyoroti ada lima kebiasaan terburuk yang dapat melemahkan imunitas tubuh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman EatThis.

Konsumsi alkohol

 

Albus mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol berlebih dapat memberikan efek buruk terhadap imunitas. Alasannya, alkohol bisa menekan respons imun tubuh terhadap infeksi.

Hal ini bisa terjadi karena konsumsi alkohol akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali dan merespons infeksi yang sedang terjadi. Di samping itu, alkohol juga bisa melemahkan imunitas dengan cara mengganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Albus mengatakan alkohol menghambat penyerapan nutrisi penting seperti vitamin C dan Zinc yang penting bagi fungsi sistem imun.

"(Bila jatuh sakit) konsumsi alkohol terlalu banyak bisa membuat gejala bertahan lebih lama dan memperburuk keparahan penyakit," jelas Albus.

Konsumsi terlalu banyak gula

Terlalu banyak asupan gula dalam pola makan bisa memperlemah imun seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa studi telah menemukan adanya kaitan antara makanan tinggi gula dengan gangguan fungsi imun.

Hal ini dapat terjadi karena sel darah putih mengalami efek yang buruk akibat konsumsi gula berlebih. Sel darah putih merupakan sel yang berperan dalam melawan infeksi. Konsumsi gula berlebih dapat mencegah sel darah putih melawan infeksi dengan efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement