Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

5 Kebiasaan yang Lemahkan Imunitas

Selasa 31 Aug 2021 00:25 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.

Gula (ilustrasi). Konsumsi gula secara berlebihan dapat melemahkan imunitas.

Foto: Wikimedia
Imunitas penting dijaga agar tak mudah terserang penyakit, termasuk Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daya tahan tubuh atau imunitas merupakan salah satu tameng terpenting untuk melindungi diri dari paparan Covid-19 di masa pandemi. Hanya saja, ada beberapa kebiasaan yang dapat melemahkan imunitas namun cukup sering diterapkan oleh sebagian orang.

Secara umum, sistem imun dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebagian di antaranya adalah stres, kurang tidur, dan asupan makan.

Terkait asupan makan, ahli gizi Mary Albus RD CDN dan Matt Mazzino RD LD menyoroti ada lima kebiasaan terburuk yang dapat melemahkan imunitas tubuh. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman EatThis.

Konsumsi alkohol
Albus mengungkapkan bahwa konsumsi alkohol berlebih dapat memberikan efek buruk terhadap imunitas. Alasannya, alkohol bisa menekan respons imun tubuh terhadap infeksi.

Hal ini bisa terjadi karena konsumsi alkohol akan membuat tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mengenali dan merespons infeksi yang sedang terjadi. Di samping itu, alkohol juga bisa melemahkan imunitas dengan cara mengganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga

Albus mengatakan alkohol menghambat penyerapan nutrisi penting seperti vitamin C dan Zinc yang penting bagi fungsi sistem imun.

"(Bila jatuh sakit) konsumsi alkohol terlalu banyak bisa membuat gejala bertahan lebih lama dan memperburuk keparahan penyakit," jelas Albus.

Konsumsi terlalu banyak gula
Terlalu banyak asupan gula dalam pola makan bisa memperlemah imun seiring dengan berjalannya waktu. Beberapa studi telah menemukan adanya kaitan antara makanan tinggi gula dengan gangguan fungsi imun.

Hal ini dapat terjadi karena sel darah putih mengalami efek yang buruk akibat konsumsi gula berlebih. Sel darah putih merupakan sel yang berperan dalam melawan infeksi. Konsumsi gula berlebih dapat mencegah sel darah putih melawan infeksi dengan efektif.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA