Senin 30 Aug 2021 16:02 WIB

Majelis Ta'lim XL Berikan Bantuan ke Ratusan Anak Yatim

MTXL pun memberikan goodie bag dan kesempatan belanja di website.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
MTXL menggandeng lembaga filantropi, seperti Rumah Amal Salman, Wakaf Inovasi Nusantara, Ulil Albab, Himmatun Ayat serta Kapiler.id. memberi bantuan untuk anak yatim.
Foto: Istimewa
MTXL menggandeng lembaga filantropi, seperti Rumah Amal Salman, Wakaf Inovasi Nusantara, Ulil Albab, Himmatun Ayat serta Kapiler.id. memberi bantuan untuk anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Majelis Taklim XL (MTXL) menyerahkan donasi sekaligus memberikan kesempatan kepada ratusan anak yatim berbelanja keperluan sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di Depok, Bandung, Medan dan Surabaya. 

Menurut amir atau ketua (MTXL) Yanuar Tirta, peringatan kemerdekaan Indonesia dan juga Muharram adalah tema besar kegiatan tersebut. Acara yang digelar pada Ahad (29/8) ini diisi ceramah bertema Merdeka Hijrah oleh Ustad Fatih Karim, dan dongeng dari Kak Ami. MTXL menggandeng lembaga filantropi, seperti Rumah Amal Salman, Wakaf Inovasi Nusantara, Ulil Albab, Himmatun Ayat serta Kapiler.id.

“Kami ingin menguatkan semangat kemerdekaan bagi anak-anak yatim. Alhamdulillah. kami menyalurkan donasi untuk sekitar 140 orang anak yatim di Bandung, Depok, Medan dan Surabaya," ujar Yanuar dalam keterangan persnya, Ahad Malam (29/8).

Yanuar mengatakan, MTXL pun memberikan goodie bag dan kesempatan belanja di website yang disediakan untuk keperluan sehari-hari dan sekolah. “Kami himpun donasi dari zakat karyawan dan infaq untuk disalurkan. Sifatnya kolektif dan ada juga tambahan yang masuk, total donasi yang terhimpun sekitar Rp 60-70 juta,” katanya.

Di luar program berbagi dengan anak yatim, kata dia, MTXL pun kerap menyalurkan bantuan keuangan untuk warga tidak mampu atau lembaga. Lalu, ada pula program tahunan rutin wakaf yang dihimpun untuk membangun jembatan, sumber air, sumber listrik, hingga membangun masjid.

“Sumber listrik alhamdulillah dibangun di wilayah pelosok di Kalimantan Barat. Program lainnya ada juga wakaf produktif, pelatihan smart farming ke beberapa warga,” paparnya.

Yanuar berharap, MTXL bisa terus menyalurkan kepercayaan sekaligus memberikan kebermanfaatan hingga berdampak baik bagi masyarakat. Pihaknya membuka kesempatan bagi pihak lain untuk berkolaborasi.

“Kami terus bersemangat untuk beramal, berbaginya juga meningkat dan terus mendapat kepercayaan untuk mengelola wakaf dan zakat. Kami ingin banyak bermitra dengan banyak pihak sehingga aapa yang dilakukan bisa maksimal dan sesuai syariat islam,” katanya.

Sementara menurut Akbar Fajar Siddiq sebagai kolaborator Rumah Amal Salman, pihaknya berharap program serupa bisa diadaptasi oleh banyak kalangan hingga jangkauan kebermanfaatannya bisa terus meluas. Di sisi lain, para anak yatim pun bisa terus semangat menggapai cita-citanya.

“MTXL dan Rumah Amal Salman mengajak seluruh pihak untuk turut serta bahu-membahu mewujudkan harapan bangsa melalui infaq terbaik untuk banyak anak yatim dan dhuafa di Indonesia,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement