Senin 30 Aug 2021 15:23 WIB

Sedekade di Apple, Tim Cook Dapat Lebih Dari 5 Juta Saham

Saham ini bagian dari kontrak saat Cook menggantikan tugas mendiang Steve Jobs.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fuji Pratiwi
CEO Apple Tim Cook. Satu dekade di Apple, Tim Cook mendapatkan lebih dari lima juta saham.
Foto: Reuters/Robert Galbraith
CEO Apple Tim Cook. Satu dekade di Apple, Tim Cook mendapatkan lebih dari lima juta saham.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- CEO Apple Tim Cook telah menerima lebih dari lima juta saham di raksasa teknologi tersebut, saat ia menandai satu dekade kiprahnya di sana.

Dokumen pengawasan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menunjukkan, Cook menjual sebagian besar sahamnya dengan harga lebih dari 750 juta dolar AS, dilansir di BBC, belum lama ini.

Baca Juga

Ini adalah bagian dari kesepakatan yang dia buat ketika dia mengambil alih tugas kepemimpinan dari salah satu pendiri Apple, Steve Jobs. Penghargaan tersebut bergantung pada seberapa baik kinerja saham Apple dibandingkan dengan perusahaan lain di indeks saham S&P 500.

Menurut pengajuan Apple dengan SEC, Cook memenuhi syarat untuk penghargaan ini karena saham perusahaan telah meningkat sebesar 191,83 persen selama tiga tahun terakhir. Disebutkan juga bahwa harga saham Apple telah meningkat 1.200 persen sejak ia menjadi CEO pada 24 Agustus 2011.

Perusahaan di belakang iPhone, iPad dan MacBook ini sekarang memiliki valuasi pasar hampir 2,5 triliun dolar AS. Tahun lalu, Cook menyetujui paket pembayaran baru yang berlaku hingga akhir 2026.

Pengajuan SEC juga menunjukkan, awal pekan ini Cook menyumbangkan hampir 10 juta dolar AS saham Apple untuk amal, tanpa menyebutkan nama penerimanya.

Pada 2015, Cook mengatakan dia akan memberikan seluruh kekayaannya sebelum dia meninggal dan diketahui telah menyumbangkan puluhan juta dolar untuk amal. Cook saat ini memiliki kekayaan bersih sekitar 1,5 miliar dolar AS, menurut Bloomberg Billionaire's Index.

Tim Cook telah sering berbicara di depan umum tentang keprihatinannya atas isu-isu termasuk HIV dan AIDS, perubahan iklim, hak asasi manusia dan kesetaraan. Dia mengikuti sejumlah pebisnis AS yang sangat kaya lainnya yang mengatakan mereka akan mendermakan semua atau sebagian besar kekayaan mereka dalam hidup mereka.

Pada 2010, salah satu pendiri Microsoft Bill Gates dan veteran investasi Warren Buffett meluncurkan Giving Pledge, yang meminta para miliarder untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaan mereka. Awal tahun ini, Buffett menyumbangkan untuk amal senilai 4,1 miliar dolar AS saham di perusahaannya Berkshire Hathaway.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement