Senin 30 Aug 2021 12:59 WIB

Meksiko Terima 86 Jurnalis Pengungsi dari Afghanistan

Sebagian besar pengungsi yang tiba di Meksiko bekerja untuk surat kabar AS

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Antre evakuasi di Bandara Kabul.
Foto: Al Jazeera
Antre evakuasi di Bandara Kabul.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Meksiko menerima 86 pekerja media Afghanistan dan keluarga mereka. Pemerintah Meksiko mengatakan para pengungsi meninggalkan negara mereka setelah kelompok milisi Taliban merebut Kabul pada bulan ini.

Pemerintah Meksiko menambahkan sebagian besar pengungsi yang baru tiba dengan pesawat yang baru mendarat bekerja di surat kabar Amerika Serikat (AS) The Wall Street Journal di Afghanistan. Mereka kelompok ketiga yang tiba di bandara internasional Mexico City sejak proses evakuasi Afghanistan dimulai.

Baca Juga

Meksiko mengatakan keputusan menerima pengungsi dari Afghanistan adalah 'keputusan politik yang dilakukan sesuai dengan tradisi historis bantuan kemanusiaan.

"Pemerintah Meksiko menegaskan kesediaan untuk memberikan perlindungan dan bantuan atas alasan kemanusiaan sesuai dengan kapasitasnya, untuk orang-orang dari negara itu, yang hidup dan integritasnya dalam bahaya," kata pemerintah Meksiko, Senin (30/8).

Pekan lalu, Meksiko sudah menerima 124 pekerja media Afghanistan dan keluarga mereka, termasuk jurnalis New York Times.

Baca juga : Taliban Izinkan Semua Warga Asing Keluar dari Afghanistan

Juru bicara Dow Jones belum menanggapi permintaan komentar di luar jam kerja. Tapi grup tersebut sebelumnya pernah mengeluarkan pernyataan dengan media-media lain, mereka 'berkomitmen untuk memastikan keamanan jangka panjang bagi mereka yang mempertaruhkan segalanya untuk mendukung jurnalisme.'

Dalam dua pekan terakhir, Amerika Serikat dan sekutunya sudah mengeluarkan 114.400 orang dari Afghanistan termasuk warga negara asing dan warga Afghanistan yang terancam dipersekusi setelah Taliban berkuasa. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement