Senin 30 Aug 2021 01:29 WIB

Napoli Susah Payah Jinakkan Genoa

Napoli mengalahkan Genoa 2-1 lewat gol pada pengujung laga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Napoli Fabian Ruiz mencetak gol ke gawang Genoa dalam lanjutan Serie A Italia, Senin (30/8) dini hari WIB.
Foto: Tano Pecoraro/LaPresse via AP
Pemain Napoli Fabian Ruiz mencetak gol ke gawang Genoa dalam lanjutan Serie A Italia, Senin (30/8) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Napoli harus bersusah payah mengamankan tiga poin saat bertandang ke markas Genoa pada laga pekan kedua Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris, Senin (30/8) dini hari WIB. Napoli baru memastikan kemenangan enam menit jelang waktu normal berakhir lewat gol pemain pengganti Andrea Petagna.

Napoli sebelumnya memimpin lewat Fabian Ruiz pada babak pertama yang disamakan Andrea Cambiasso pada pertengahan babak kedua. 

Baca Juga

Kemenangan ini menempatkan Napoli di posisi tiga klasemen sementara dengan nilai enam, sama dengan Lazio dan Inter Milan yang punya hitungan selisih gol lebih baik. Adapun Genoa berada di posisi dua terbawah dengan nilai nol dari dua laga.

Jalannya laga 

Napoli tanpa ragu menggedro lini pertahanan tuan rumah sejak awal. Percobaan pertama dilakukan oleh Lozano pada menit ketiga dengan tendangan kaki kanan dari bagian tengah kotak 16. Namun bola masih terlalu tinggi. 

Pada menit ketujuh, Napoli kembali mengancam. Kali ini dilakukan oleh Lorenzo Insigne dengan tembakan kaki kanan dari sudut sulit. Bola juga belum tepat sasaran. 

Insigne melakukan percobaan lainnya ada menit ke-13. Berawal dari umpan yang diberikan oleh Elmas, Insigne melanjutkannya dengan tembakan kaki kanan tapi berhasil diblokir oleh pemain belakang Genoa. 

Napoli terus menggempur pertahanan Genoa demi gol yang diidamkan. Pada menit ke-30 upaya Insgine kembali gagal setelah tendangan jarak dekatnya berhasil diamankan oleh Biraschi.

Tim asuhan Luciano Spalletti akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-39 melalui gol yang diciptakan oleh Ruiz. Tendangan dari luar kotak 16 yang mengarah ke sudut kiri menggetarkan jala gawang Genoa. 

Tak puas dengan satu gol, Napoli terus menggempur. Upaya Insigne pada menit ke-41 lewat tendangan jarak jauh masih terlalu tinggi dan melebar ke sisi kanan. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 untuk Napoli. 

Pada babak kedua, Genoa mulai bangkit. Menit ke-50 Ghiglione melepaskan tembakan kaki kanannya dari tengah kotak 16 ketika mendapat ruang tembak. Namun, bola masih dapat diblokir. 

Rovella melanjutkan dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16 yang masih meleset tipis dari sasaran. Genoa belum berhasil memberikan ancaman yang berarti ke gawang Napoli. 

Napoli kembali mengancam saat mendapatkan Lozano mendapat umpan dari Politano di sisi kiri serangan. Setelah melakukan penetrasi, Lozano melepaskan tembakan ke sudut kiri bawah tapi masih bisa diselamatkan. 

Genoa akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-69 melalui gol yang diciptakan oleh Cambiaso. Ia menyelesaikan umpan manis dari Ghiglione di tengah kotak 16 dengan tembakan yang mengarah ke sudut kiri bawah. Skor kini menjadi 1-1. 

Padan menit ke-78 Politano melepaskan tembakan ke gawang dari luar kotak 16 namun diamankan dengan mudah di bagian tengah. Selanjutnya perobaan Koulibaly berhasil diblokir di area pertahanan Genoa. 

Napoli akhirnya kembali memimpin pada menit ke-84 melalui gol yang diciptakan oleh Petagna, pemain yang baru dimasukkan pelatih Luciano Spalletti pada menit ke-82. Ia menyelesaikan umpan terobosan Rui ke tengah kotak 16. Skor 2-1 untuk Napoli bertahan hingga laga berakhir.

Susunan Pemain

Genoa (3-5-2)

Salvatore Sirigu; Zinho Vanheusden (Andrea Masiello 67'), Davide Biraschi, Domenico Criscito; Paolo Ghiglione (Valon Behrami 83'), Stefano Sturaro (Yayah Kallon 67'), Milan Badelj, Nicolo Ravella, Andrea Cambiasso; Hernani (Goran Pandev 46'), Caleb Ekuban (Aleksander Buksa 46')

Pelatih: Davide Ballardini

Napoli (4-3-3)

Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly, Mario Rui (Juan Jesus 90+2'); Fabian Ruiz, Stanislav Lobotka, Eljif Elmas(Gianluca Gaetano 90+2'); Matteo Politano (Andrea Petagna 82'), Lorenzo Insgne, Hirving Lozano (Adam Ounas 70')

Pelatih: Luciano Spalletti

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement