Senin 30 Aug 2021 09:49 WIB

Ilmuwan Teliti Potensi Lagu Bisa Menjadi Hit

Responden menyukai rangkaian akor tertentu, yang berkaitan dengan harapan mereka.

Mendengarkan musik bisa membuat seseorang bahagia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Mendengarkan musik bisa membuat seseorang bahagia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang penyanyi atau musisi tentu ingin lagunya menjadi hitResep jitu lagu yang nantinya jadi hit tentu ingin diketahui banyak orang. Sekarang bahkan ada kecerdasan buatan yang bisa digunakan. 

Mengapa lagu-lagu tertentu sangat disukai orang, sehingga laku keras? Itulah pertanyaan yang ingin dijawab peneliti otak dan ahli saraf Vincent Cheung. "Saya pencinta musik, dan saya ingin tahu, mengapa musik bisa begitu mempengaruhi dan menyentuh perasaan saya?"  

Baca Juga

Cheung dan timnya menganalisa 80.000 akor dalam 745 lagu yang jadi hit di sejumlah tangga lagu AS. Sebuah program yang dibuat khusus, memperhitungkan seberapa jauh akor-akor yang muncul dalam sebuah komposisi mengejutkan atau sudah diantisipasi orang.

Kemudian serangkaian akor mereka mainkan di depan seorang responden. Jadi tanpa melodi atau lirik. Kemudian mereka menilai, sejauh mana responden menyukai apa yang ia dengar. Dalam hal ini, otak bekerja keras.

Permainan cerdas dengan harapan

Mendengarkan musik memberikan stimulasi pada bagian-bagan otak yang mengolah suara. Namun, bukan suara saja, melainkan juga emosi, kemampuan mengingat dan yang sudah diperlajari. Hasil tes menunjukkan: para responden menyukai rangkaian akor tertentu, yang berkaitan dengan harapan mereka.

"Ada dua jenis rangkaian akor yang disukai orang,“ papar Cheung yang bekerja di Institut Max Planck di Leipzig.

Yang pertama, jika akor-akor yang muncul sesuai dengan apa yang sudah mereka duga, maka mereka akan senang jika mendengar akor yang tidak diduga muncul. Yang ke dua, jika rangkaian akor awalnya tidak memberi petunjuk ke mana arah selanjutnya, maka orang senang jika kemudian muncul akor yang sesuai harapan mereka.

Jadi lagu yang kita suka sebetulnya permainan cerdas dengan harapan kita. Jika apa yang kita harapkan tidak muncul, tapi di lain pihak kita juga tidak merasa kecewa, kita akan tetap senang. Demikian ditambahkan Vincent Cheung. 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement