Ahad 29 Aug 2021 22:20 WIB

Manfaat Jus Melon, Sumber Antioksidan Hingga Vitamin C

Peneliti menyebutkan jus melon memiliki gizi tingga dan membawa kebaikan bagi tubuh.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Peneliti menyebutkan jus melon memiliki gizi tingga dan membawa kebaikan bagi tubuh.
Foto: Pixabay
Peneliti menyebutkan jus melon memiliki gizi tingga dan membawa kebaikan bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah favorit yang sering kali dijadikan jus cukup beragam, salah satunya buah melon yang memberikan rasa dan kesegaran khas tersendiri. Boleh jadi penyuka melon tidak sama banyak dengan pecinta apel atau stroberi. Namun buah hijau ini justru dapat memberikan keajaiban dari kandungannya yang membawa segudang manfaat bagi tubuh.

Para ilmuwan percaya bahwa kandungan gizi jus melon banyak membawa kebaikan. Baru-baru ini, para peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Georgia mengungkap manfaat kesehatan jus buah.

Baca Juga

Peneliti menunjukkan bahwa penelitian awal mereka menemikan satu porsi dapat mengandung hingga 337 persen vitamin C yang direkomendasikan harian untuk tubuh. Jus melon juga dilaporkan mengandung 100 persen dosis vitamin A yang direkomendasikan setiap hari. Para ilmuwan masih dalam tahap awal untuk mencari tahu seberapa kuat jus melon, tetapi ada banyak alasan untuk mengonsumsinya.

“Vitamin C adalah bahan pembangun untuk menjaga tulang, gigi, dan gusi tetap kuat seiring bertambahnya usia. Selain itu, kaya antioksidan untuk melindungi sel-sel dari kerusakan dan pembusukan jangka panjang sehingga mencegah kanker,” tulis laporan dilansir First For Women, Ahad (29/8).

 

Sedangkan, vitamin A adalah komponen kunci dari rhodopsin, protein yang membantu penglihatan seseorang dalam cahaya rendah, dan dapat melindungi kornea dari pelunakan seiring waktu. Pelunakan ini diketahui dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Buah melon dapat dimakan dengan makanan lainnya ataupun ditambahkan ke salad buah yang lezat. Cara lain menikmatinya juga bisa dengan menjadikannya smoothie atau jus.

Lebih baik lagi, jus melon bisa dicampur dengan buah dan sayuran lain yang memiliki kandungan terbaik. Sebut saja wortel, jeruk, jahe hingga jeruk nipis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement