Ahad 29 Aug 2021 22:14 WIB

Alasan Orang Sering Ikut Challenge di Medsos Meski Berbahaya

Aksi aneh yang berbahaya ternyata sudah terjadi jauh sebelum adanya medsos.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Media sosial.( Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Media sosial.( Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai tantangan di media sosial (medsos) membuat warganet terdorong ikut melakukannya. Tantangan yang berseliweran di medsos sangat banyak. Anda perlu tahu mana yang benar-benar bermanfaat atau justru merugikan.

Menurut laman Forbes pada Ahad (29/8), salah satu tantangan viral namun membahayakan tahun ini adalah “Tantangan Peti Susu”. Tantangan itu seputar menyusun peti susu plastik menjadi sebuah piramida, lalu Anda mendakinya hingga ke ujung tanpa harus jatuh. Sebagian besar pemanjat di medsos berakhir dengan memar karena terjatuh di tanah atau lebih buruk.

Tantangan yang telah ditarik oleh Tiktok ini sangat membahayakan. Namun, ini bukan kali pertama warganet menciptakan tantangan membahayakan di medsos

Pada awal 2010-an, ada Cinnamon Challenge. Youtube melihat orang-orang mencoba menelan kayu manis kering dalam jumlah besar. Akibatnya, warganet yang melakukannya pun mimisan dan muntah hebat. 

Tantangan lainnya adalah menelan pod Tide 2018 yang mengakibatkan meningkatkan laporan keracunan pada Januari tahun itu. "Tantangan Benadryl" pada 2020 yang melibatkan penggunaan antihistamin dalam dosis besar untuk menyebabkan delirium, mendorong FDA untuk mengeluarkan pernyataan setelah serentetan kasus rawat inap, bahkan beberapa kematian.

Para ahli mempelajari mengapa orang terlibat dalam tantangan viral berbahaya yang mereka tahu dapat menyebabkan cedera tubuh atau bahkan kematian. Mereka menunjukkan berbagai faktor, seperti keinginan untuk status sosial, penilaian risiko yang buruk, dan optimisme yang berlebihan bahwa tidak ada yang salah.

Selama ada audiens yang mampu memberikan umpan balik yang hampir instan, orang akan terus mendengus, mencerna, dan menabrak ketenaran viral yang cepat berlalu. Ini terutama berlaku untuk Tiktok, di mana 25 persen pengguna berusia antara 10 hingga 19 tahun, menurut Statista, kelompok usia itu kesepian selama 18 bulan terakhir karena sekolah jarak jauh dan lebih sedikit aktivitas.

“Ini adalah penonton yang sangat muda. Mereka ingin menjadi bagian dari sesuatu sekarang lebih dari sebelumnya, karena mereka telah diisolasi secara sosial,” kata seorang profesor kesehatan masyarakat di Universitas William Paterson, Corey Basch. 

Dia mengatakan, orang-orang di usia yang lebih muda jarang menganalisis konsekuensi dari tindakan mereka sebelum mengambil bagian dalam suatu kegiatan. "Mereka cenderung sangat impulsif," kata dia. 

Menurut seorang dokter dan ahli perilaku serta ilmuwan di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, Joshua Liao, ini terjadi lebih umum karena korteks prefrontal, bagian otak yang bertanggung jawab untuk pengambilan keputusan masih berkembang hingga pertengahan usia 20-an. Liao mengatakan, ini juga merupakan waktu untuk mencari koneksi dengan orang lain. 

“Koneksi sosial dan status penting bagi semua orang, tapi tahap kehidupan bagi banyak orang itu sangat penting,” kata dia. 

Liao menyimpulkan, ketika menonton video teman mereka melakukan hal-hal bodoh, mereka cenderung mengikuti orang banyak karena mereka melihatnya sebagai perilaku yang lebih dapat diterima.

Aksi aneh yang berbahaya ternyata pernah terjadi jauh sebelum media sosial ada. Pda 1920-an, orang-orang duduk di tiang bendera selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu, terkadang jatuh, atau bahkan sekarat, dalam prosesnya.

Pada 1930-an, orang-orang menelan ikan mas hidup menjadi tren, praktik yang tampaknya tidak berbahaya tetapi sering membuat orang terkena infeksi parasit. Sementara pada 1950-an, para remaja mencoba memecahkan rekor untuk melihat berapa banyak dari mereka yang bisa masuk ke dalam satu bilik telepon.

Liao mengatakan, tantangan juga memperlihatkan manusia terkenal buruk dalam menilai risiko. Mereka merasa jika menaiki peti susu, mereka memiliki rasa kontrol yang salah, ditambah dengan pikiran optimistis berlebihan bahwa orang lain mungkin jatuh, tapi itu tidak akan terjadi pada mereka.

"Lalu ada sifat tantangan," kata Basch. Sifat tantangan itu mengundang pengguna untuk mengambil bagian dalam beberapa jenis kontes dan menginspirasi mereka untuk berpartisipasi.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement