Ahad 29 Aug 2021 19:37 WIB

Waskita dan Pertamina Raih Penghargaan Teknologi Global

Penghargaan diberikan setiap tahun oleh Esri kepada organisasi dari seluruh dunia.

SAG Award 2021.
Foto: dokpri
SAG Award 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Esri, pemimpin dunia dalam bidang teknologi geospasial, memberikan penghargaan teknologi berskala  global kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Waskita Karya) dan PT Pertamina Hulu Energi (Pertamina Hulu Energi). Penghargaan tersebut yang diberikan adalah Special Award Achievement in GIS (SAG) pada ajang Konferensi Tahunan Esri User Conference (Esri UC) ke-41 yang diadakan bulan lalu dalam format virtual.

Special Award Achievement in GIS (SAG) diberikan setiap tahun oleh Esri kepada organisasi dari seluruh dunia yang telah menunjukkan inovasi terdepan melalui penerapan teknologi Geographic Information System (GIS). Dipilih dari lebih dari 30 ribu kandidat, seluruh penerima penghargaan menghadirkan inovasi untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan dan adil dengan menggunakan teknologi geospasial untuk meningkatkan kualitas komunikasi, komunitas, dan lingkungan di sekitar mereka. 

Waskita Karya menerima penghargaan untuk pencapaian pendekatan praktik terhadap manajemen proyek dengan menghasilkan kembaran digital (3D), serta sistem manajemen informasi modern dan transformasi sistem big data untuk proyek infrastruktur berskala besar ke dalam satu lokasi terpusat. Sementara itu, Pertamina Hulu Energi berhasil membuat sebuah sistem pemetaan cerdas dan real-time yang inovatif, eXplore Digital World yang mendukung pengelolaan data perusahaan menjadi wawasan bisnis berkelanjutan seperti pencapaian target dan keberlanjutan produksi.

Chief Industry Solutions Officer Esri Indonesia Cahyo Nugroho mengatakan Waskita Karya dan Pertamina Hulu Energi telah menguji dan mengeksplorasi berbagai potensi yang dapat dilakukan teknologi geospasial untuk mengatasi berbagai tantangan bisnis di dalam organisasi mereka.

 

"Selain itu, penggunaan teknologi GIS juga telah memungkinkan para pelaku bisnis untuk mengentaskan berbagai masalah nyata yang ada dan menjadikan teknologi sebagai kendaraan pembaharuan bisnis. Pemikiran maju para pemenang di dalam melakukan transformasi digital telah menetapkan sebuah standar dalam melakukan sebuah bisnis, kata Cahyo dalam siaran pers, Ahad (29/8).

"Atas nama Esri, kami mengucapkan selamat kepada Waskita Karya dan Pertamina Hulu Energi atas pencapaian yang berhasil diraih. Kami merasa terhormat telah menjadi bagian dari perjalanan inspiratif kedua perusahaan dan menyaksikan bagaimana pemanfaatan teknologi geospasial digunakan untuk mengatasi tantangan dunia nyata di dalam menjalankan aktivitas bisnis," kata Cahyo menambahkan.

Esri UC 2021 adalah acara sebuah acara virtual GIS virtual terbesar di dunia. Waskita Karya dan Pertamina Hulu Energi termasuk di antara lebih dari 180 organisasi di berbagai bidang seperti industri komersial, transportasi, pekerjaan nirlaba, telekomunikasi, dan pemerintahan yang menerima penghargaan. Kedua pemenang menerima penghargaan secara virtual dan diberikan langsung oleh oleh pendiri dan presiden Esri Jack Dangermond. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement