Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Arab Saudi Dukung Irak, Termasuk Perangi Sisa ISIS 

Ahad 29 Aug 2021 17:00 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nashih Nashrullah

Arab Saudi meningkatkan kerja sama dengan Irak di berbagai bidang.Ilustrasi ISIS

Arab Saudi meningkatkan kerja sama dengan Irak di berbagai bidang.Ilustrasi ISIS

Foto: AP
Arab Saudi meningkatkan kerja sama dengan Irak di berbagai bidang

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menyatakan kepemimpinan negara itu akan berusaha untuk mendukung Irak dalam berbagai forum di semua tingkatan, Sabtu (28/8). Riyadh berjanji mendukung Baghdad dalam berbagai bidang. 

Dikutip dari ArabNews, Pangeran Faisal mengatakan bahwa Kerajaan akan terus bekerja untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas Irak. Riyadh pun akan melestarikan institusi dan keuntungan bagi Baghdad.

Baca Juga

Kerajaan pun, menurut Pangeran Faisal, terus bekerja sama dengan Irak dan negara-negara mitra di kawasan itu untuk menghadapi ancaman terorisme. 

Riyadh mendukung upaya Baghdad untuk bekerja sama dengan koalisi internasional untuk menghadapi sisa-sisa ISIS. 

Arab Saudi menghargai upaya pemerintah Irak untuk mendapatkan kendali atas senjata yang telah jatuh ke tangan milisi bersenjata. Pangeran Faisal memuji pencapaian Dewan Koordinasi Arab Saudi-Irak dan pembentukan dana investasi bersama yang diperkirakan memiliki modal 3 miliar dolar AS.

Menteri Luar Negeri Saudi  berada di Baghdad menghadiri pertemuan puncak yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan regional di seluruh wilayah. Pertemuan diadakan saat Irak mempromosikan perannya sebagai mediator regional baru.

Pangeran Faisal sebelumnya bertemu dengan Perdana Menteri Mustafa Al Kadhimi dan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein. Dia meninjau hubungan bilateral antara negara dan cara memperkuatnya.

 

Sumber: arabnews  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA