Ahad 29 Aug 2021 17:31 WIB

Koeman Akui Barcelona Belum Bisa Bersaing

Musim ini memang bisa dibilang menjadi musim transisi buat Barcelona

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Barcelona Ronald Koeman melambai sebelum dimulainya pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Barcelona dan Real Sociedad di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Minggu, 15 Agustus 2021.
Foto: AP/Joan Monfort
Pelatih kepala Barcelona Ronald Koeman melambai sebelum dimulainya pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Barcelona dan Real Sociedad di stadion Camp Nou di Barcelona, ??Spanyol, Minggu, 15 Agustus 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, mengaku masih memiliki keraguan soal kemampuan timnya untuk bisa bersaing di level tertinggi pada saat ini.

Eks pelatih timnas Belanda itu menilai, untuk saat ini, para penggawa Blaugrana belum menunjukan mentalitas bertanding yang tepat. Musim ini memang bisa dibilang menjadi musim transisi buat klub asal Katalan tersebut.

Kepergian pengoleksi enam gelar Ballon d'Or, Lionel Messi, pada jendela transfer musim panas ini dinilai bakal memberikan dampak besar buat performa Blaugrana.

Barca pun tercatat hanya mampu memetik empat poin dari dua laga awal di pentas La Liga musim ini. Setelah membungkam Real Sociedad, 4-2, Barcelona justru kesulitan saat menundukan Athletic Bilbao pada jornada kedua La Liga, akhir pekan lalu.

Barcelona akhirnya harus puas memetik hasil imbang, 1-1. Kendati tidak menutup peluang sepenuhnya terkait potensi raihan trofi musim ini, Koeman menilai, timnya harus bisa meningkatkan performa, terutama soal mentalis bertanding.

''Kami tahu, di klub ini, kami harus menunjukan mentalitas juara. Namun, pada saat ini, kami belum bisa bersaing dengan tim-tim terbaik di dunia.”

“Hal itu tidak bergantung sepenuhnya pada kehadiran pemain bintang, tapi pada mentalitas dan sikap tim. Saat ini, kami sudah tidak memiliki pemain terbaik di dunia. Karena itu, kami harus bisa mengandalkan hal lain,'' tutur Koeman seperti dilansir Marca, Ahad (29/8).

Tidak hanya itu, eks pelatih Everton itu juga mewanti-wanti sejumlah penggawa Barcelona soal kemungkinan minimnya menit bermain.

Menurut Koeman, apabila semua pemain berada dalam kondisi fit, maka Blaugrana akan memiliki setidaknya 32 pemain di tim utama. Kondisi ini tentu membuat Koeman harus menentukan pilihan soal siapa pemain yang sesuai dengan skema dan rencana permainan yang akan diusungnya.

Sebelumnya, Barcelona dikabarkan berniat melepas sejumlah pemain, termasuk Samuel Umtiti dan Miralem Pjanic. Selain demi meringankan beban gaji pemain di neraca keuangan Barca, pemain-pemain ini juga dinilai tidak masuk dalam skema dan gaya permainan yang bakal diusung Koeman di Barcelona.

''Pihak klub sudah tahu apa yang saya inginkan dan pemain mana yang ingin saya pertahankan. Namun, saya masih menghormati pemain yang masih memiliki kontrak bersama tim ini.”

“Setiap pemain tahun kesulitan apa yang akan kami hadapi apabila seluruh pemain sudah pulih dari cedera. Kami akan memiliki 32 pemain dan saya tidak akan menurunkan semua pemain itu,'' ujar Koeman.

Torehan empat poin dari dua laga awal mengantarkan Barcelona terdampar di peringkat keenam klasemen sementara La Liga. Di laga berikutnya, tepatnya pada jornada ketiga, Barcelona dijadwalkan menerima lawatan Getafe di Stadion Camp Nou, Ahad (29/8) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement