Ahad 29 Aug 2021 14:44 WIB

10 Sutradara yang Dapat Nominasi Oscar Sebelum Usia 40

Tak hanya sutradara terbaik, film karya Chloe Zhao juga memenangkan Oscar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sutradara Chloe Zhao.
Foto: AP/Chris Pizzello/Pool AP
Sutradara Chloe Zhao.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Menyutradarai film bukan perkara mudah. Hanya sedikit orang yang dikenal karena melakukannya, bahkan lebih sedikit lagi yang bisa diakui sebagai sosok sineas hebat.

Beberapa sutradara tersohor lantaran memiliki gaya khas dengan pengalaman yang tidak sebentar. Akan tetapi, ada juga mereka yang seolah dilahirkan dengan bakat penyutradaraan alami.

Beberapa sutradara film mendapatkan nominasi Oscar yang bergengsi pada usia cukup muda. Berikut sejumlah sineas yang masuk nominasi Oscar sebelum usia 40 tahun, dilansir laman Screen Rant, Ahad (29/8):

1. John Singleton

photo
John Singleton - (AP)

 

Sineas John Singleton membuat rekor dalam sejarah Academy Award dengan menjadi sosok termuda yang masuk nominasi sutradara terbaik. Dia mendapatkan nominasi itu pada usia 24 tahun, yang masih bertahan sampai sekarang.

Nominasi itu dia dapat berkat Boyz n the Hood. Sinema drama kriminal itu meraup pendapatan 57 juta dolar AS, sekaligus mencetak aktor Cuba Gooding Jr menjadi bintang.

2. Quentin Tarantino

photo
Quentin Tarantino. - (EPA-EFE/CHRISTIAN MONTERROSA )

 

Tarantino mendapat nominasi sutradara terbaik saat berumur 31 tahun untuk film Pulp Fiction. Sinema mendapat kesuksesan secara komersial dan apresiasi kritikus, sekaligus tujuh nominasi di Academy Award ke-67.

Upacara penghargaan dihelat tepat pada ulang tahun Tarantino, 27 Maret. Sayangnya, piala emas tidak menjadi hadiah ulang tahun bagi Tarantino, karena pemenangnya adalah Robert Zemeckis untuk film Forrest Gump.

3. Norman Taurog

photo
Sutradara Norman Taurog. - (IMDb)

 

Nominasi sutradara terbaik pertama di Oscar untuk Norman Taurog didapat dari film komedi Skippy yang diadaptasi dari komik strip berjudul sama. Ceritanya tentang seorang siswa kelas lima bernama Skippy Skinner.

Taurog berusia 32 tahun saat mendapat nominasi sekaligus memenangkan kategori tersebut pada Academy Awards ke-4, 10 November 1931. Rekornya dipegang selama beberapa dekade sampai dikalahkan oleh Damien Chazelle.

4. Damien Chazelle

photo
Sutradara Damien Chazelle. - (AP)

 

John Singleton memang yang termuda sebagai penerima nominasi sutradara terbaik Oscar. Namun, rekor pemenang piala kategori sutradara terbaik paling muda di ajang Oscar dimiliki oleh sineas Damien Chazelle.

Dia memenangkan piala itu untuk La La Land dalam usia 32 tahun, pada ajang Academy Award ke-89. Chazelle merebut rekor dari Taurog. Saat menang, Taurog berusia 32 tahun 260 hari, sedangkan Chazelle berusia 32 tahun 38 hari.

5. Francis Ford Coppola

photo
Francis Ford Coppola - (EPA)

 

Pria kelahiran 1939 di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, itu dengan cepat dikenal sebagai salah satu sutradara terbaik dunia. Dia mendapat empat nominasi sutradara terbaik di Oscar, yang pertama saat dia berumur 34 tahun.

6. Lewis Milestone

photo
Sutradara Lewis Milestone. - (IMDb)

 

Film bisu (tak berdialog) Two Arabian Knights mendapat penerimaan positif setelah rilis pada musim gugur 1927. Sinema membuat Milestone mendapat nominasi Oscar pada usia 33 tahun, sekaligus memenangkan piala untuk kategori itu.

7. Sam Mendes

photo
Sutradara Sam Mendes. - (Warner Bros)

 

Salah satu sutradara terbaik di industri perfilman modern ini mendapat nominasi Oscar saat berusia 34 tahun, untuk film American Beauty pada 2000. Dia mendapatkannya lagi pada 2020 untuk film 1917.

8. Mike Nichols

photo
Sutaradara Mike Nichols. - (IMDb)

 

Sepanjang kariernya, Nichols mendapat empat nominasi sebagai sutradara terbaik di ajang Piala Oscar. Nominasi pertama dia dapatkan saat berumur 35 tahun, tepatnya untuk film Who's Afraid of Virginia Woolf?.

9. Billy Wilder

photo
Sutradara Billy Wilder (tengah). - (IMDb)

 

Total delapan nominasi Oscar sebagai sutradara terbaik sudah diraih Billy Wilder. Nominasi perdana untuknya didapat ketika berumur 38 tahun untuk sinema thriller psikologi Double Indemnity.

10. Chloe Zao

photo
Sutradara Chloe Zhao. - (AP/Chris Pizzello/Pool AP)

Sama seperti Wilder, Zhao mendapat nominasi Oscar saat berusia 38 tahun. Sinema drama Nomadland yang dia sutradarai mendapat penerimaan positif, begitu juga karena akting dari aktor Frances McDormand. Film tersebut juga menjadi meraih kategori film terbaik Oscar 2021.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement