Ahad 29 Aug 2021 13:31 WIB

Revitalisasi Terminal Tirtonadi Selesai Bulan Depan

Terminal tirtonadi akan memiliki function hall, sport center dan pusat kesenian.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Warga melintas di depan bus yang parkir di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah
Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha/
Warga melintas di depan bus yang parkir di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, revitalisasi Terminal Tipe A Tirtonadi akan selesai pada September 2021. Nantinya, Terminal Tipe A Tirtonadi akan memiliki berbagai fungsi lainnya selain menjadi simpul transportasi yakni adanya function hall, sport center, food court, dan pusat kesenian.

"Kami memastikan pembangunan dari Terminal Tipe A Tirtonadi. Karena terminal Tirtonadi ini akan kita jadikan contoh untuk terminal lainnya," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (28/8).

Budi menuturkan, langkah menambah fungsi dari terminal merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat. Khususnya dalam menggunakan transportasi massal seperti bus.

“Saat ini angka penumpang bus sedang menurun, sehingga perlu adanya pemikiran yang kreatif terkait fungsi apa yang bisa dikolaborasikan dengan transportasi,” tutur Budi.

Dengan adanya penambahan fungsi terminal tersebut, Budi mengharapkan berbagai kalangan baik anak muda, orang tua, hingga penikmat kesenian mau datang ke terminal Tirtonadi. Budi mengharapkan langkah tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Solo dan sekitarnya.

"Terminal ini dikelola oleh Kemenhub melalui Badan Layanan Umum (BLU), sehingga masyarakat dan swasta bisa menyewa ruang-ruang yang ada di terminal ini,” ungkap Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement