Ahad 29 Aug 2021 12:53 WIB

Mayones Disebut Lebih Sehat dari Margarin, Benarkah?

Banyak orang senang pakai produk olesan seperti margarin, mentega, atau mayones.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Mayones disebut lebih sehat dari margarin (ilustrasi).
Foto: tastespotting
Mayones disebut lebih sehat dari margarin (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan kurang sehat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol, yang bisa berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular. Karena itu, memilih makanan sehat untuk menu harian sangat penting.

Salah satu yang bisa diganti dengan opsi lebih sehat adalah produk olesan. Banyak orang senang menggunakan produk olesan populer seperti margarin, mentega, atau mayones untuk disantap bersama makanan pokok.

Konsultan medis Nigeria, Oluwajimi Sodipo, menjelaskan perbandingan tingkat kesehatan antara beberapa produk tersebut. Menurut Sodipo, mayones merupakan pilihan yang lebih sehat dibandingkan margarin.

Dia mengatakan, lemak trans yang terkandung dalam margarin meningkatkan kadar kolesterol jahat sekaligus mengurangi kolesterol baik. Akibatnya, dapat terjadi peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

"Kandungan dalam mayones, di sisi lain, meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan risiko gangguan kardiovaskular," ujarnya dilansir laman Nairametrics, Ahad (29/8).

Chairman Lagos Medical Guild itu menyebutkan bahwa bahan utama dalam margarin yakni minyak kelapa sawit dikaitkan dengan berbagai risiko gangguan kesehatan. Terlebih, jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah banyak.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), konsumsi minyak sawit berhubungan dengan peningkatan kematian akibat penyakit jantung iskemik. Begitu pula peningkatan kolesterol lipoprotein densitas rendah dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebagai perbandingan, sebagian besar produk mayones dibuat dari minyak kedelai. Kandungan lemak tak jenuh di dalamnya membantu mengontrol kadar kolesterol dan memperbaiki kulit dan penglihatan.

Ada pula kandungan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan berfungsi melindungi kulit dari radikal bebas. Asam lemak omega 3 mendukung membran sel, termasuk area mata dan kulit.

Kepala Departemen Kedokteran Keluarga di Lagos State Teaching Hospital itu juga menjelaskan bahan sehat lain dari mayones, yaitu telur. Secara umum, telur merupakan sumber protein yang baik.

Telur juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan selenium yang penting untuk membantu perkembangan otot dan tulang. Nutrisi di dalamnya juga bagus menunjang kesehatan otak, sistem kekebalan, dan penglihatan.

Semua kombinasi tersebut bermanfaat bagi anak yang sedang dalam tahap tumbuh kembang maupun populasi lansia. Di luar komposisi mayones yang bergizi, keserbagunaannya membuat produk itu sangat populer.

Mayones dapat digunakan untuk bahan olesan pada sandwich, roti, atau makanan ringan, juga sebagai penyedap salad. Sejumlah resep masakan pun dibuat menggunakan campuran mayones.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement