Ahad 29 Aug 2021 09:15 WIB

Komentar Allegri Usai Juventus Kalah, Lupakan Ronaldo

Ini merupakan kekalahan tepat usai kepergian Cristiano Ronaldo ke Manchester United.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Mas Alamil Huda
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri
Foto: EPA-EFE/GABRIELE MENIS
Pelatih Juventus Massimiliano Allegri

REPUBLIKA.CO.ID, EMPOLI -- Pelatih Juventus Massimiliano Allegri menyatakan banyak belajar dari kesalahan saat timnya kalah 1-0 dari Empoli dalam pertandingan Serie A, Ahad (29/8) dini hari WIB. Ini merupakan kekalahan tepat setelah kepergian Cristiano Ronaldo ke Manchester United.

Allegri mengatakan, anak asuhnya tak bisa terus memikirkan kepergian Ronaldo. Ia mendorong agar pemainnya bermain secara tim. Itu adalah cara bagi Bianconeri memulai era pascaRonaldo.

“Para pemain memulai dengan kuat, mereka kebobolan pada kesalahan pertama saat bermain, lalu menjadi terlalu tergesa-gesa. Kami harus memiliki kesabaran untuk menerimanya dengan tenang, bermain sebagai tim dan tidak mencoba menyelesaikan masalah sebagai individu,” kata Allegri kepada DAZN dilansir dari Football Italia.

Allegri menegaskan, Juventus perlu meningkatkan soliditas. Namun ia yakin kesalahan dalam laga tersebut akan menguntungkan tim ke depannya. Ia mengeklaim Juventus punya pasukan yang kuat dan perlahan pasti akan mengeluarkan kualitasnya.

Allegri menilai Empoli meninggalkan banyak ruang di sisi sayap. Tetapi kesalahan teknis yang dilakukan Juventus menghadirkan mimpi buruk. Pekerjaan Allegri kemudian ada membawa pemain agar tetap tenang dalam situasi apapun.

Juventus memang sedang dalam kondisi kurang bagus. Ronaldo hengkang ke MU. Adapun Georgio Chiellini tak memiliki kebugaran yang prima. Allegri menyadari banyak pelajaran yang didapatkan dari laga tersebut. Kendati demikian Allegri akan mendorong timnya lebih baik di laga-laga berikutnya.

“Kami harus perlahan menemukan keseimbangan kami. Para pemain ini jika terlalu murah hati, mereka putus asa karena mereka memulai dengan baik dan ingin menang, tetapi kami harus belajar dari kesalahan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, pasukannya harus lebih bersabar dalam menyerang dan bertahan. Sebab ketergesa-gesaan hanya akan menciptakan celah bagi lawan.

Allegri secara mengejutkan memainkan Weston McKennie sebagai trequartista di belakang striker Paulo Dybala dan Federico Chiesa. Ia kemudian memasukkan Alvaro Morata pada babak kedua.

“Ada beberapa elemen positif, karena Danilo melakukannya dengan baik di depan pertahanan dan merupakan salah satu dari sedikit yang tetap tenang sampai akhir. Manuel Locatelli akan berada dalam kondisi yang lebih baik setelah jeda untuk tugas internasional," ia menambahkan.

Allegri sedikit menyinggung tentang Ronaldo. Ia mengatakan dia merupakan pemain luar biasa. Namun ia menekankan Juventus harus keluar dari bayang-bayang Ronaldo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement