Ahad 29 Aug 2021 06:05 WIB

Erick Thohir Siap Bantu Nelayan Lebih Berdaya

Erick menyampaikan Indonesia memiliki visi Laut Masa Depan Bangsa.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN, Erick Thohir saat menyambangi kampung nelayan di Blanakan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/8).
Foto: Dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN, Erick Thohir saat menyambangi kampung nelayan di Blanakan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SUBANG -- Anggapan nelayan yang identik dengan masyarakat miskin harus diubah. Terlebih profesi nelayan dikenal akan karakternya yang tangguh dan tak mudah menyerah. Keberadaan Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN pun siap hadir untuk memberikan dukungan konkret agar perjuangan nelayan yang ingin lebih berdaya dan kaya secara ekonomi cepat terwujud.

Hal itu diungkapkan Menteri BUMN Erick Thohir saat menyambangi kampung nelayan di Blanakan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (28/8). Dalam kesempatan tersebut, Erick tak hanya melihat kegiatan lelang hasil laut di pusat pelelangan ikan (PPI) yang dikoordinir KUD Mandiri Mina Fajar Sidik, namun juga menyempatkan berdialog dengan para nelayan.

Baca Juga

"Saya mendengar cerita dari Pak Dasam, Ketua KUD, bagaimana para nelayan di sini tetap melaut dan berjuang di era pandemi. Meraka tak berhenti mencari ikan demi memenuhi kebutuhan kita akan sumber protein penting ini. Jadi sudah sepantasnya, kami dan perusahaan BUMN harus mensupport dan mencari solusi atas problem yang dihadapi. Dengan karakter tangguh para nelayan, saya yakin, mereka butuh pendamping agar lebih berdaya dan kaya," ujar Erick di Kampung Nelayan, Blanakan, Jawa Barat.

Saat ini, tak kurang dari tiga ribu nelayan menggantungkan hidup dalam menjual hasil laut, seperti ikan layur, kembung, layang, dan bawal yang memiliki nilai eknomis tinggi di PPI Blanakan. Dengan dukungan sekitar 250 kapal berukuran 5 gross tonnage (GT) dan 64 kapal di atas 5 GT, setiap harinya, tergantung musim, tak kurang dari 10 ton hasil laut tersebut mampu dipanen. Bahkan, pada Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, dan November yang merupakan puncak produksi satu hari bisa mencapai 50 ton. KUD yang sudah berusia 54 tahun itu kini memiliki sekitar 600 anggota nelayan.

Erick menyampaikan Indonesia memiliki visi Laut Masa Depan Bangsa. Hal itu menekankan laut harus bisa menopang pembangunan nasional, sekaligus meningkatkan kualitas hidup bangsa  di masa sekarang dan akan datang.

"Problem nelayan mengenai bahan bakar, dana untuk meningkatkan kapasitas kapal agar hasil tangkap bertambah, pengolahan, atau percepatan pembangunan gudang beku siap dicarikan solusi sehingga mereka merasakan bahwa pemerintah dan BUMN hadir," lanjut Erick.

Selain KUD Mandiri Mina Fajar Sidik, di Kecamatan Blanakan sendiri terdapat dua KUD lain, yakni KUD Mina Karya Baru dan KUD Mina Saluyu. Saat ini, di PPI Blanakan tengah dibangun gudang beku yang memiliki kapasitas 30 ton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement