Ahad 29 Aug 2021 00:21 WIB

Generasi Muda Muslim Perlu Dididik Nilai Islami Sejak Dini

Pendidikan nilai Islami kepada generasi muda Muslim perlu diberikan sejak dini.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supri
Pendidikan Islam sistem boarding school (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Guru Besar Deakin Unversity, Prof Ismet Fanani, menyebut pendidikan nilai Islami kepada generasi muda Muslim perlu diberikan sejak dini. Mendidik dan mengajar merupakan dua hal yang berbeda dalam dunia pendidikan.

"Mengajar kerap dikaitkan dengan kurikulum atau bahan ajar. Tapi, mendidik berbeda, karena berkaitan dengan melihat dan mengobservasi selama di kelas," kata dia dalam kegiatan webinar ASEAN yang digelar AYPI, Sabtu (28/8).

Baca Juga

Kegiatan mendidik disebut perlu difokuskan ada di sekolah-sekolah. Iklim seperti itu perlu diciptakan sehingga anak-anak dapat bertingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Islami.

Lebih lanjut, Prof Fanani mengatakan kegiatan mendidik berhubungan dengan sebuah lingkungan yang membuat anak belajar tentang dirinya dan tingkah laku yang baik. Maka, hal ini harus dilakukan sedini mungkin, dari tingkat taman bermain atau TK.

Ia lantas mencontohkan pengalaman yang dituliskan Robert Fulghum dalam bukunya yang berjudul 'All I Really Need to Know I Learned in Kindergarten'. Dalam buku ini, dijelaskan dengan gamblang pentingnya mendidik anak nilai-nilai yang berhubungan dengan nilai Islam sejak dini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement