Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Mantan Wagub Sumbar Nasrul Abit Meninggal Dunia

Sabtu 28 Aug 2021 19:48 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah

 Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit

Mantan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit

Foto: Republika/Mimi Kartika
Nasrul Abit sudah beberapa hari dirawat di RS M Djamil Padang karena Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Mantan Wakil Gubernur Sumatra Barat periode 2015-2020, Nasrul Abit, meninggal dunia pada Sabtu (28/8). Nasrul sudah beberapa hari sebelumnya dirawat di Rumah Sakit M Djamil Padang karena terpapar Covid. Bekas Bupati Pesisir Selatan itu menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 01.39 WIB dini hari tadi.  

"Sumatra Barat berduka. Kita baru saja kehilangan sosok tokoh pemimpin yang bersahaja dan berpengalaman panjang di dunia pemerintahan Sumatera Barat. Namun ini semua harus kita terima sebagai ketetapan dari Allah SWT," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi, usai penyelenggaraan pemakaman di Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga

Mahyeldi meminta kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk melaksanakan shalat ghaib bagi almarhum Nasrul Abit.

"Kami minta seluruh pimpinan OPD beserta staff, untuk melaksanakan shalat ghaib untuk Almarhum Bapak Nasrul Abit, Wakil Gubernur Sumatera Barat 2016-2021. Ini adalah sebagai bentuk penghormatan kami keluarga besar Pemprov Sumbar, atas pengabdian dan kepemimpinan yang telah beliau berikan kepada Sumatera Barat," ucap Mahyeldi.

Almarhum Nasrul Abit yang juga merupakan Bupati Pesisir Selatan periode 2005-2015 ini, kembali ke pangkuan Ilahi pada usia 66 tahun, meninggalkan satu orang istri dan tiga orang anak. Nasrul Abit menjabat Wakil Gubernur Sumbar mendampingi Gubernur sebelumnya, Irwan Prayitno.

"Saya dan keluarga turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah Bapak Nasrul Abit pada 28 Agustus 2021. Semoga almarhum husnul khatimah, diampuni dosanya, dibalas segala amal kebaikannya, dan mendapat tempat terbaik di sisiNya," kata Irwan Prayitno.

Irwan menyebut menjabat Wakil Gubernur periode 2016-2021 ia memiliki banyak kenangan manis bersama dalam menjalankan amanah sebagai Kepala Daerah. Irwan merasa dukungan Nasrul selama bersama-sama memimpin Sumbar sangat berarti dalam mewujudkan Sumbar yang sejahtera.

"Semoga kebaikan beliau tersebut mendapatkan balasan berlipat ganda dari Allah Swt. Dan bagi keluarga yang ditinggal, semoga kuat dan sabar," ucap Irwan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA