Sabtu 28 Aug 2021 18:59 WIB

Zulhas Ingatkan Pentingnya Tahu Sumedang bagi Perekonomian

UMKM merupakan bidang yang sangat penting untuk menopang ekonomi riil.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menggoreng tahu sumedang, saat mengunjungi salah satu sentra UMKM di Sumedang, Sabtu (28/8).
Foto: istimewa/doc humas
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menggoreng tahu sumedang, saat mengunjungi salah satu sentra UMKM di Sumedang, Sabtu (28/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG — Kunjungi pabrik tahu Sumedang, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, ingatkan pentingnya UMKM dalam menopang ekonomi. UMKM seperti tahu sumedang harus mendapatkan dukungan.

Pembicaraan soal tahu, diawali dari kelakar Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, yang mengatakan Sumedang adalah pusat ilmu pengetahuan. “Maksudnya pusat ilmu tahu,” kata Dony, di sela-sela kunjungan Zulhas ke Sumedang, Sabtu (28/8).

Usai pertemuan terbatas dengan Bupati Sumedang, Zulhas pun mendatangi sentra UMKM Sumedang. Wakil ketua MPR RI itu mendatangi pabrik dan rumah makan Jembar Manah. Selain mencicipi makanan khas Sumedang itu, Zulhas pun ikut mencoba produksi tahu dari mulai pengolahan kedelai sampai menggorengnya.

“Jangan lupa pakai masker, ikuti protokol kesehatan. Insya Allah industri UMKM bangkit. Kita sama-sama keluar dari kirisis akibat pandemi ini,”  kata Zulhas kepada para pengrajin tahu.

Sektor UMKM, menurut Zulhas,  merupakan bidang yang sangat penting untuk menopang ekonomi riil masyarakat. Bahkan untuk membangkitkan perekonomian nasional. “Sumedang ini contoh yang luar biasa. Dari tradisi dan kearifan lokal, menghasilkan industri UMKM yang kuat. Harus selalu kita dukung,” ungkap dia.

Usai dari Sumedang, Zulhas bertolak ke Kota Bandung untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil di Gedung Pakuan. “Saya akan bertemu Gubernur kesayangan generasi milenial. Silaturahim,” kata Zulhas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement