Sabtu 28 Aug 2021 07:04 WIB

Kelas Udang UMM Hasilkan Profesional dan Wirausahawan

Mahasiswa yang mengikuti kelas profesional akan ditempatkan di 16 mitra yang tersebar

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melepas sejumlah mahasiswa untuk mengikuti kelas profesional udang di Pantai Blado, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. 
Foto: dok. Humas UMM
Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melepas sejumlah mahasiswa untuk mengikuti kelas profesional udang di Pantai Blado, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. 

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Program Studi (Prodi) Akuakultur, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah menyiapkan kelas profesional udang.  Kelas tersebut telah melepas para pesertanya untuk terjun langsung di dunia industri pada Rabu (25/8) lalu di Pantai Blado, Kecamatan Munjungan, Trenggalek. 

Ketua Prodi Akuakultur UMM, Ganjar Adhywirawan Sutarjo, menjelaskan, kelas profesional ini pada dasarnya terdiri atas dua tahapan. Tahapan pertama, penyampaian materi yang diberikan di kelas secara tatap maya. Setelah dua bulan mengikutinya, para peserta baru bisa dilepas dan ditempatkan di lokasi magang yang telah disediakan. 

Pada tahapan kedua, peserta akan ditempa dan diberi pemahaman di tempat magang yakni di lokasi para mitra yang dimiliki oleh UMM. "Hingga nanti di akhir akan mendapatkan sertifikat kompetensi,” ucap dia.

Menurut Ganjar, mahasiswa yang mengikuti kelas profesional akan ditempatkan di 16 mitra yang tersebar di berbabagai daerah. Mereka diharapkan dapat mengikuti satu siklus budidaya produksi udang. Dengan begitu, akan banyak ilmu yang diserap, tidak hanya secara teori tapi juga praktik langsung di lapangan.

Selanjutnya, kata dia, juga akan ada monitoring untuk melihat perkembangan kelas udang tersebut. Selain itu juga melakukan evaluasi menyeluruh agar ada peningkatan mutu dalam pelaksanaannya. Proses evaluasi tidak hanya dilakukan oleh pihak UMM, tapi juga diselenggarakan bersama-sama dengan para mitra yang telah dimiliki.

Dekan FPP UMM, David Hermawan, menilai kegiatan ini dapat menjadi pemacu mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Hal itu mengingat seluruh aktivitas tersebut dapat dikonversikan dengan mata kuliah yang relevan. Di antaranya aquapreneurship, penyuluhan dan komunikasi perikanan, KKN, serta PKL. Bahkan akan dipertimbangan untuk dijadikan skripsi.

Sementara itu, Rektor UMM, Fauzan mengapresiasi aktivitas kelas profesional udang yang dilakukan Prodi Akuakultur. Ia berharap akan ada peningkatan dalam aspek dan kompetensi budidaya udang. Dengan begitu, para mahasiswa bisa menapaki karier di bidang udang atau bahkan mampu menjadi wirausaha di bidang tersebut. “Ini saatnya peserta Kelas Profesional Udang untuk senantiasa mengasah segala kecakapan, keterampilan, dan juga sikap kerja di dunia nyata”, kata dia, Jumat (27/8).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement