Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Pencapaian Vaksinasi Covid-19 di Depok Capai 30 Persen

Jumat 27 Aug 2021 19:31 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Hiru Muhammad

 Warga mengantre selama vaksinasi massal COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok Jawa Barat, Jumat (20/8). Indonesia telah mencatat lebih dari 3.930.000 kasus penyakit virus corona (COVID-19) dengan lebih dari 123.000 kematian sejak awal dari pandemi.

Warga mengantre selama vaksinasi massal COVID-19 di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok Jawa Barat, Jumat (20/8). Indonesia telah mencatat lebih dari 3.930.000 kasus penyakit virus corona (COVID-19) dengan lebih dari 123.000 kematian sejak awal dari pandemi.

Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Saat ini Kota Depok telah memasuki level tiga atau zona orange.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok melaporkan perkembangan kasus penyebaran virus Corona (Covid-19), diataranya yakni terkait pencapaian presentase vaksinasi Covid-19. Target vaksinasi Covid-19 di Kota Depok yakni 1,6 juta orang.

"Kami melakukan vaksinasi kepada warga Kota Depok dengan target 1,6 juta orang," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana di Balai Kota Depok, Jumat (27/8).

Menurut Dadang, saat ini Kota Depok telah memasuki level tiga atau zona orange. "Kami telah melakukan beragam kegiatan untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19 terutama melakukan percepatan vaksinasi di berbagai tempat yang dijadikan sentra vaksin dan di rumah sakit maupun di Puskesmas yang ada di Kota Depok," jelasnya.

Lanjut Dadang, pihaknya juga melakukan pengembangan inovasi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi yakni dengan melakukan vaksinasi jemput langsung yang di support RSUI. "Vaksinasi warga akan disesuaikan dengan alokasi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mensinkronkan ketersediaan vaksin dari Pemerintah Pusat. "Jadi saya tegaskan saat ini vaksinasi Covid-19 di Kota Depok sudah mencapai 30 persen dan ditargetkan pada Oktober mencapai 70 persen," tegas Dadang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Depok secara tidak langsung ikut mendorong penurunan angka Bed Occupancy Ratio (BOR). "Berdasarkan data yang dimiliki, BOR di Kota telah berada di bawah 30 persen. Jadi, BOR kita di bawah 30 persen sudah sangat bagus, saat ini positivity rate kita kalau hitungan kita di bawah 10 persen, kalau di Pemerintah Pusat 16 persen," kata Dadang.

Saat ini, lanjut Dadang, pihaknya telah memberikan beberapa kelonggaran kebijakan pada PPKM level 3. "Namun warga harus tetap memperhatikan kunci 5M. Penggunaan masker diharapkan menjadi lifestyle atau kebutuhan pribadi. Keluar rumah gunakan dua lapis masker, dan taati 4M lainnya dan segera akses vaksinasi, dan ikuti arahan protokol yang telah ditetapkan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA