Jumat 27 Aug 2021 17:23 WIB

Hadapi Persita, Jacksen: Persipura Siap Tempur!

Pada laga uji coba beberapa bulan lalu, Peripura kalah 1-3 dari Persita.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.
Foto: Antara/Indrayadi TH
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura bakal mengawali kiprahnya di kompetisi BRI Liga 1 musim 2021/2022 dengan menghadapi Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/8) malam WIB. Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengakui, para penggawa Mutiara Hitam sudah siap tempur untuk bisa memetik hasil maksimal di laga tersebut.

Pelatih asal Brasil itu mengungkapkan, Persipura sebenarnya sudah melakoni masa persiapan yang panjang, yaitu sejak Februari 2021. Saat ini, lanjut Jacksen, semua penggawa Persipura sudah berada dalam kondisi terbaik dan siap diturunkan di laga tersebut.

''Semua pemain sudah dalam kondisi yang baik, semua siap tempur. Baik dari aspek teknis dan aspek lain, kami sudah siap untuk menghadapi laga besok. Jadi, tidak ada masalah,'' ujar Jacksen dalam konferensi pers secara daring, Jumat (27/8).

Selain kondisi para pemain, Jacksen juga menyebut, adaptasi pemain asing di skuad Persipura saat ini sudah cukup baik. Tidak hanya itu, dari kacamata tim pelatih, semua pemain asing dan para pemain lokal terlihat sudah menyatu dan kompak.

Kendati begitu, Jacksen menyatakan, dengan kondisi saat ini, keputusan untuk menurunkan pemain tidak sepenuhnya lagi berada di tangan tim pelatih, melainkan mesti ada hasil pemeriksaan dari tes medis terkait Covid-19. Berdasarkan ketentuan LIB selaku operator kompetisi, pemain yang berlaga di Liga 1 mesti menjalani tes Covid-19 setidaknya lima kali sebelum turun ke lapangan.

''Jadi, ada faktor X. Saat ini, yang akhirnya bisa menentukan pemain untuk turun adalah tim medis,'' kata Jacksen.

Buat Persipura, ini merupakan laga kedua menghadapi Persita setidaknya dalam rentang waktu enam bulan terakhir. Sebelumnya, keduanya pernah saling berhadapan di partai uji coba, Juni 2021.

Pada saat itu, Persipura menyerah, 1-3, dari Persita yang ditangani Widodo C Putro tersebut. Jacksen pun enggan menyebut secara spesifik pemain Persita yang paling diwaspadai timnya di pertemuan kedua mendatang.

Menurut Jacksen, semua pemain Persita memiliki kemampuan untuk menyulitkan tim Mutiara Hitam, ditambah dalam kemampuan Widodo C Putro dalam meracik taktik dan strategi permainan tim. ''Ada 11 pemain yang masuk ke lapangan besok, ditambah otak dari Coach Widodo juga,'' jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement